Para Pecinta Markisa  Wajib Tahu ini!


Pertanianku – Markisa adalah tumbuhan yang berasal dari luar negeri, tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan subtropis di Amerika. Nama lain yang dikenal untuk buah ini di antaranya maracujá (Portugis), maracuyá (Spanyol), passion fruit (Inggris), granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), pasiflora (Israel), lilikoi (Hawai), dan lac tiên, chanh dây atau chanh leo (Vietnam). Kini, buah ini sudah menyebar ke daerah tropis dan subtropis. Di Indonesia, terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu (Passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (Passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Markisa bisa tumbuh di daerah yang sejuk dengan ketinggian 800—1.500 m dpl.

buah-markisa-1

Inilah beberapa hal mengenai buah markisa yang perlu Anda ketahui:

* Orang-orang Amerika Selatan secara tradisional makan markisa untuk membantu tidur. Bahkan menurut mereka, makan sebuah markisa sebelum tidur bisa membuat mimpi indah.

* Bagi penderita asma, markisa sangat bergizi dan dapat menenangkan serangan asma. Selain karena mengandung vitamin C, markisa tampaknya memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.

* Minum segelas jus markisa dingin dapat membantu mengendurkan saraf dan pikiran dan membuat perasaaan menjadi lebih tenang.

* Markisa sering dijadikan obat untuk masalah pencernaan dan penyakit lambung.

Baca Juga:  AS Punya Apel Hasil Rekayasa Genetik
loading...
loading...