Para Pemuda ini Jadi Petani Modern


Pertanianku – Inspirasi yang dapat membangun seseorang untuk berbuat lebih kepada lingkungan sekitar bisa datang darimana saja. Tidak terkecuali 20 pemuda Dusun Jugang-Pangukan, Desa Tridadi, Sleman, Yogyakarta yang membentuk usaha tanaman bernama Kelompok Taruna Tani Flory.

Para Pemuda ini Jadi Petani Modern

Hal ini dilakukan karena melihat rendahnya minat generasi muda dalam bidang pertanian. Semula, mereka mengembangkan usaha penjualan tanaman hias hingga buah di depan rumah.

“Memang tidak fokus ke tanaman pangan. Melainkan ke tanaman hias yang ternyata menjanjikan keuntungan cukup. Ditambah ada salah satu tetangga yang memiliki pengalaman 12 tahun berbisnis tanaman hias, sehingga kegiatan ini terus mendapatkan dukungan masyarakat,” kata Redy Nurhadi selaku Ketua Kelompok Taruna Tani Flory.

Kampung Flory ini tidak hanya sebagai pusat pembibitan tanaman hias saja. Melainkan juga untuk buah. Beberapa pohon buah yang tersedia, seperti jambu air, kelengkeng, sawo hingga jeruk. Baik jeruk nipis maupun jeruk peras. Sedangkan untuk tanaman hiasnya, ada pucuk merah, aralia, bambu golden hingga puring.

“Pucuk merah dan Kelengkeng, merupakan yang paling banyak peminatnya,” ujar Redi. Dijelaskan Redy, kebutuhan tanaman hias di Yogyakarta dan sekitarnya lebih banyak disuplai dari Malang, Jawa Timur, dan Sawasangan, Depok, Jawa Barat. Padahal, kebutuhan di Yogyakarta dan sekitarnya sendiri termasuk besar, mengingat banyak kegiatan baik bertaraf nasional maupun internasional disini.

Beberapa kegiatan seperti seminar, wisuda hingga pesta pernikahan kerap menampilkan banyak tanaman hias. Dan itu rata-rata didapat dari sewa. Namun, ada juga yang perusahaan menghadirkan tanaman perindang, sehingga mereka membeli sendiri.

Baca Juga:  Tips Mudah Budidaya Tomat Organik
loading...
loading...