Para Petani Pala Harus Maksimalkan Izin dari Pemerintah


Pertanianku — Para petani pala di Kepulauan Banda diminta untuk memaksimalkan izin yang diberikan pemerintah untuk berkebun. Sekalipun para petani itu berkebun di atas tanah yang dikuasai oleh negara.

petani pala
Foto: Google Image

“Yang terpenting adalah, kita (petani) bisa mengaksesnya. Kalau kita (petani) diberikan kepercayaan oleh negara, maka kita harus bisa memanfaatkannya sumber daya alam itu dengan baik,” kata Direktur Perlindungan Perkebunan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan, Dudi Gunadi, Selasa (27/11).

Menurut Dudi, izin dari pemerintah untuk mengelola perkebunan adalah modal dasar bagi petani. Dengan begitu, petani harus menunjukkan kesungguhannya dalam mengelola perkebunan itu. Karena, hal tersebut berdampak pada kesejahteraan petaninya sendiri.

Pernyataan Dudi ini menanggapi pernyataan dari Camat Banda, Kadir S, mengatakan, di Kecamatan Banda terdapat 3.700 hektare areal perkebunan bekas peninggalan kolonial Belanda.  Saat ini, lahan tersebut masih dimiliki oleh pemerintah. Dengan begitu, para petani khususnya petani perkebunan pala statusnya hanya meminjam.

“Ke depan, harapannya kalau bisa diserahkan ke petani. Sehingga, pengelolaan perkebunan pala bisa dikembangkan dengan baik. Tetapi, kalau masih dalam pengawasan pemerintah Maluku, kami (para petani) jadi tak leluasa,” kata Kadir.

Baca Juga:  Sukses Tabulampot Plum di Dataran Rendah