Parasit Domba yang Merugikan

Pertanianku — Domba sakit bisa disebabkan oleh serangan parasit di tubuhnya. Penyakit tersebut akan semakin parah jika tidak segera diatasi. Parasit domba dibedakan menjadi dua jenis, yaitu parasit indogen dan parasit eksogen. Parasit indogen yang menyerang domba adalah cacing. Sementara itu, parasit eksogen yang kerap menyerang domba adalah kutu.

parasit domba
foto: pertanianku

Meskipun terkadang parasit domba tersebut tidak menimbulkan permasalahan kesehatan yang serius, pertumbuhan domba tetap bisa terhambat. Hal ini karena parasit tersebut menghisap darah atau sari-sari makanan pada tubuh domba.

Cacing

Loading...

Jenis cacing yang paling sering menyerang domba adalah cacing bulat dan cacing hati. Larva cacing tersebut akan masuk ke tubuh domba melalui pakan yang Anda berikan, terutama melalui pakan hijauan.

Setelah masuk ke tubuh domba, cacing tersebut akan berkembang menjadi cacing dewasa. Selama di dalam tubuh domba, cacing akan menyerap sari makanan, padahal sari makanan tersebut seharusnya diserap oleh dinding usus. Akibatnya, pertumbuhan domba menjadi terhambat karena sari makanannya diserap oleh cacing.

Domba yang terinfeksi cacing memiliki gejala seperti pertumbuhan yang lambat, lemah, bulunya kering dan tampak kasar, serta pada beberapa kasus lain kemungkinan bisa terjadi mengalami kekurangan darah.

Domba yang cacingan juga sering terlihat membuncit di bagian perutnya dan mengeluarkan kotoran yang terkadang berbentuk encer.

Anda bisa mengatasi parasit cacing dengan Cetarin Concurat, Wormex Powder, Phenothiazine, Rametin, atau Pheno Plus. Dosis yang digunakan harus seusai dengan anjuran yang tertera pada kemasan.

Kutu

Kutu merupakan parasit yang bersarang di sela-sela bulu domba. Kutu tersebut akan menghisap darah domba melalui permukaan kulitnya sehingga menyebabkan darah domba akan berkurang dan domba merasa kurang nyaman karena merasa gatal. Rasa gatal tersebut disebabkan oleh gigitan kutu tersebut.

Baca Juga:  Jadi Peternak Harus Kreatif

Dalam kondisi yang cukup parah, bekas gigitan kutu tersebut bisa menyebabkan luka pada kulit domba. Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari serangan parasit domba ini adalah rajin mencukur bulu secara berkala agar tidak ada kutu yang bersarang di sela-sela bulu domba dan menyebabkan luka.

Loading...
Loading...