Paruh Ayam Aduan Kuat dengan Cara Ini

Pertanianku — Ayam aduan masih mempunyai penggemar yang cukup banyak. Ayam yang baru saja diadu biasanya akan mengalami luka yang sangat parah. Bahkan, kalau pertarungannya berlangsung sengit, ayam tersebut mengalami patah tulang, paruh ayam patah, hingga kematian.

paruh ayam
Foto: Pixabay

Ayam aduan yang gampang mengalami keretakan pada paruh biasanya disebabkan oleh sistem imunitas yang rendah. Solusinya, yaitu memberikan pakan yang banyak mengandung vitamin, serat, dan nutrisi. Berikut ini tips yang bisa dicoba untuk memperkuat ayam aduan jagoan Anda.

1. Berikan tomat secara rutin

Tomat mengandung vitamin C yang cukup melimpah. Ayam juga senang memakan tomat dibandingkan jeruk atau cabai yang juga kaya vitamin C. Jadi, dengan memberikan pakan berupa tomat secara rutin, Anda telah membantu mendukung pertumbuhan paruh ayam tersebut semakin baik lagi.

2. Sesekali berikan buah apel

Buah lain yang banyak kandungan vitamin C di dalamnya dan disukai oleh ayam ialah apel merah. Namun karena harganya yang mahal, Anda tidak bisa memberikannya setiap hari. Anda cukup memberi makan buah apel merah ini sebanyak 3 kali per minggu. Nutrisi yang terkandung di dalam buah apel merah sangat bagus menguatkan paruh ayam dan tulang-tulangnya.

3. Terapi memakai bawang putih

Bawang putih pun mempunyai khasiat yang sangat bagus untuk ayam aduan peliharaan Anda. Bawang putih diklaim dapat mengurangi kadar lemak serta meningkatkan kandungan zat tanduk pada bagian paruh ayam. Caranya, Anda cukup mengoleskan bawang putih yang telah ditumbuk ke seluruh permukaan paruh ayam tersebut secara merata setiap sore hari.

4. Oleskan tumbukan kunyit

Selain bawang putih, Anda juga bisa menggunakan kunyit yang telah ditumbuk sebagai terapi untuk memperkuat paruh ayam. Ayam yang rutin diolesi kunyit akan mempunyai bentuk paruh yang kokoh dengan struktur yang kuat dan tangguh. Selain itu, tumbukan kunyit ini juga efektif memulihkan kondisi paruhnya setelah ayam tersebut bertarung.

Baca Juga:  Kenali Sifat Hamster si Hewan Menggemaskan

5. Pakan yang tinggi kalsium

Kita sudah tahu kalau kalsium berfungsi untuk membangun otot-otot dan tulang di dalam tubuh. Pemberian pakan yang kaya kalsium kepada ayam terbukti secara efektif dapat meningkatkan kekuatan paruhnya. Beberapa contoh pakan yang tinggi kalsium antara lain daun bayam, ikan-ikanan, dan susu. Kalau perlu, Anda bisa memberikan jamu kuat berupa telur mentah setiap hari kepada ayam tersebut.

Loading...