Pasar Hewan Kurban Pun Ramai di Turki


Pertanianku – H-1 Menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 H tak hanya dirayakan di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Ternyata pasar hewan kurban tak hanya dipadati di Indonesia, di Instanbul, Turki, pasar hewan kurban juga ramai dikunjungi masyarakat. Sejumlah pasar di Kota Instanbul dipenuhi umat Islam untuk membeli hewan kurban.

Salah satu pasar ternak hidup Yedpa, yang berada di Atasehir, sisi Asia di Istanbul, memberikan layanan kepada warga dengan menyiapkan tim penyembelih khusus untuk melaksanakan proses kurban di 40 tenda. Hampir 2.000 hewan ternak telah dijual di pasar tersebut.

Sapi, kambing, dan domba jantan telah diangkut ke pasar itu 15 hari lalu dari peternakan yang berdekatan. Sejauh ini 70 persen hewan tersebut telah terjual. Erkan Koker, penjual ternak hidup yang memiliki 75 sapi jantan dan 600 kambing jantan berharap, ia dapat menjual semua hewannya pada akhir perayaan Idul Adha.

“Orang biasanya dapat membeli sapi jantan hanya melalui kerja sama dengan kerabat atau teman mereka,” jelas Koker kepada Xinhua—yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi.

“Kebanyakan individu memilih untuk membeli kambing jantan sebab harganya lebih murah,” lanjutnya.

Ia mengatakan, harga sapi jantan dibanderol sekitar USD2.000 (Rp26,2 juta) dan USD6.000 (Rp78,8 juta) per sapi. Sementara, kambing jantan bisa mendapatkan lebih banyak pembeli dengan harga mulai dari USD200 (sekira Rp2,6 juta).

Lebih lanjut Koker mengungkapkan, semua anggota tim penyembelih adalah orang yang berpengalaman, dan mematuhi semua syariat Islam dalam proses penyembelihan hewan kurban.

Baca Juga:  Miris! Puluhan Desa di Gresik Alami Kekeringan
loading...
loading...