Pasar Lelang Solusi Kepastian Harga Cabai

Pertanianku — Salah satu permasalahan dalam bidang pertanian adalah harga komoditas yang yang tidak stabil. Hal ini menjadi dasar Kementerian Pertanian untuk menciptakan pasar lelang sebagai upaya solusi bersama bagi petani, pedagang, dan konsumen.

pasar lelang
Foto: Pixabay

“Pasar lelang Kabupaten Sleman telah berlangsung selama satu tahun, dimulai sejak akhir 2017. Perkembangan sudah cukup bagus, untuk cabai sudah 2—4 ton tiap harinya,” kata Kabid Hortikultura Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Edi Sri Harmanto seperti dikutip dari Republika (27/1).

Menurut Edi, pasar lelang sangat bermanfaat bagi petani, terutama yang tergabung dalam kelompok tani. “Sekitar 60 persen dari seluruh jumlah petani cabai telah masuk ke pasar lelang, 40 persen sisanya akan diupayakan untuk bergabung,” tutur Edi.

Edi melanjutkan harga di pasar lelang memang berfluktuasi, tetapi cenderung stabil. Sebab, dengan adanya pasar lelang membentuk program satu pintu dan satu harga.

“Sementara ini terjadi penurunan harga untuk cabai merah keriting Rp7.500 dan cabai rawit Rp13 ribu. Tetapi antara petani dengan pendagang tetap sama-sama untung, meskipun harga di bawah 10 ribu dirasa petani masih rugi. Tidak menutup kemungkinan harga akan cepat naik kembali di atas Rp11 ribu,” jelasnya.

Menurut Yasid Taufik Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hortikultura, kualitas cabai yang ada di pasar lelang Kabupaten Sleman telah sesuai dengan permintaan pasar. Hal ini karena cabai yang dikumpulkan akan dipilah lagi sehingga hanya cabai berkualitas yang dilelang.

“Ini suatu mekanisme pemasaran transparan dan merupakan mekanisme supply demand yang sempurna. Kalau penjualan secara konvensional, petani yang menawarkan dan pasar yang menentukan harga. Kalau lelang, petani sebagai penentu harga,” tuturnya di hadapan para anggota Kontak Bisnis Hortikuktura Indonesia (KBHI), Sabtu (26/1).

Baca Juga:  Wajib Tahu! Ini Fase Pertumbuhan Jagung Manis

Pasar lelang Kabupaten Sleman dibangun dengan anggaran 2018. Harapan pemerintah, transaksi melalui pasar lelang makin disosialisasikan agar menjadi acuan dan contoh bagi wilayah lain.

“Kementan selalu berintegrasi dengan dinas pertanian daerah. Apa yang dibutuhkan untuk menunjang pertanian, kita selalu aktif. Oleh karena itu, infrastruktur apa yang dibutuhkan, sampaikan,” tambahnya.

Loading...