Pasar Menerima Segala Ukuran Gurami

Pertanianku – Dari beberapa komoditas perikanan air tawar yang lazim dibudidayakan, hanya gurami yang memiliki pangsa pasar yang luas. Mulai dari telur sampai induk, kurang lebih terdapat 10 ukuran yang umum dipasarkan. Hal itu secara tidak langsung menunjukkan bahwa usaha budi daya gurami cukup memberikan peluang bagi siapa saja yang ingin membudidayakannya, terkait dengan berbagai jumlah modal yang ada untuk melakukan usaha budi daya gurami.

Pasar Menerima Segala Ukuran Gurami

Sampai saat ini, bukan hanya ukuran konsumsi yang belum memenuhi tingginya permintaan pasar, tetapi juga benih gurami berbagai ukuran pun produksinya masih jauh untuk memenuhi tingginya permintaan. Sebagai bukti tingginya permintaan benih gurami, terlihat pada aktivitas dua lokasi pasar benih ikan yang ada di Bogor, yaitu pasar Ciseeng dan pasar Parung. Pada hari-hari pasar, benih-benih gurami di kedua pasar tersebut sudah habis terjual sebelum pukul 09.00 pagi.

Pemasaran benih gurami tidak terbatas hanya untuk memenuhi kebutuhan pembudidaya lingkup Jawa Barat, tetapi juga daerah lain di luar Jawa Barat. Tabel 1 memperlihatkan berbagai ukuran gurami serta lama pemeliharaan dan harga jual yang biasa dipasarkan.

 

Sumber: Buku Sukses Budi Daya Gurami di Lahan Sempit dan Hemat Air

 

Baca Juga:  Jenis-jenis Teknologi Budidaya Bandeng

loading...