Pasar Mitra Tani Buka Layanan Penjualan Online untuk Penyediaan Bahan Pangan

Pertanianku Pasar Mitra Tani (PMT) merupakan salah satu upaya yang tengah dilakukan oleh Kementerian Pertanian untuk menyediakan bahan pangan murah, berkualitas, dan terjangkau oleh masyarakat. Pasar ini dikembangkan oleh Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian. Untuk memudahkan masyarakat membeli kebutuhan bahan pangan, Pasar Mitra Tani buka layanan penjualan online.

pasar mitra tani
foto: Pixabay

Saat ini Pasar Mitra Tani sudah hadir di beberapa kota di Indonesia. Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai inovasi dan terobosan untuk meningkatkan kualitas Pasar Mitra Tani. Apalagi, di tengah pandemi yang masih terjadi dan masih belum diketahui kapan akan berakhir. Salah satu inovasi ini adalah membuka layanan penjualan online.

“Selain melakukan penjualan offline melalui outlet-outlet PMT yang sudah tersebar di seluruh provinsi, kami juga sudah bekerja sama dengan jasa penjualan dan pengiriman online. Masyarakat tinggal pesan online, bayar juga bisa online, dan barang segera dikirim,” jelas Agung Hendriardi, Kepala Badan Ketahanan Pangan seperti dikutip dari laman bkp.pertanian.go.id.

Pembuatan marketplace merupakan langkah yang akan diambil oleh pihak pengembang PMT utuk mengakomodir seluruh PMT/TTI yang ada di Indonesia dan membantu para petani serta produsen bahan pangan untuk menjual hasil produksinya.

Inovasi ini juga bisa memotong rantai distribusi yang panjang sehingga diharapkan dapat mempertemukan petani secara langsung dengan penjual. Harga jual komoditas diharapkan bisa jauh lebih baik dan konsumen bisa mendapatkan komoditas pertanian berkualitas dengan harga lebih murah.

Upaya yang tengah dilakukan oleh Badan Ketahanan Pangan sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang meminta seluruh jajarannya untuk terus berupaya mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Pemasaran online menjadi salah satu upaya yang wajib dicoba untuk pemasaran dan pendistribusian komoditas pertanian di tengah pandemi.

Baca Juga:  Merangsang Pohon Berbuah dengan Pelukaan dan Pengerokan

“Pasar Mitra Tani ini sangat membantu dalam penyediaan bahan pangan, strategis sehingga mudah dijangkau, bahkan bisa diakses secara online. Kita harus bantu masyarakat untuk mendapatkan bahan pangan yang murah dan berkualitas,” ujar Syahrul.

Marketplace yang akan diadakan oleh PMT dapat memudahkan masyarakat untuk memenuhi seluruh kebutuhan pangannya.


loading...