Pasar Tani untuk Kesejahteraan Petani


Pertanianku — Dinas Pertanian dan Hortikultura (Distanhorti) menggelar Pasar Tani di pelataran Lasinrang Park, setiap hari Minggu.

Pasar tani
Google Image

Pasar tani memberikan keuntungan besar bagi para petani karena mereka bisa menjual produk hasil pertaniannya langsung kepada konsumen. Keberadaan pasar tani ini sebagai tempat transaksi jual beli. Dengan begitu, hal ini dapat memutuskan rantai perdagangan yang seringkali menimbulkan kerugian bagi petani.

Kegiatan ini merupakan yang keenam kalinya dilaksanakan dengan perkembangan jumlah komoditas yang dipasarkan terus meningkat.

“Kegiatan ini, diharapkan menjadi jembatan penghubung antara petani produsen dengan konsumen, kelompok tani dapat langsung berinteraksi dengan pembeli, dan pembeli dapat menikmati sayuran yang segar dari petani,” ungkap Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Distanhorti Pinrang, Hj. Eriyanti, dikutip dari Jitunews.com.

Eryanti mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, pemasaran sayuran tidak melewati rantai distribusi yang panjang sehingga petani dapat menikmati harga jual yang lebih baik.

Hasil-hasil produksi pertanian unggulan Pinrang juga akan tersosialisasikan di pasar tani sehingga produk lokal akan semakin dikenal dan dinikmati masyarakat.

Sementara itu, Suardi S. yang merupakan seorang pemerhati pertanian di Pinrang mengapresiasi kegiatan pasar tani ini. Menurutnya, antusias masyarakat yang luar biasa datang berbelanja ini tentunya sebagai bukti bahwa pangan memang harus tersedia. Tentunya dengan kualitas baik dan kuantitas yang memadai.

Produk pertanian yang digelar di pasar tani antara lain aneka sayuran, cabai, beras, bawang, dan buah-buahan. Semuanya adalah hasil binaan Dinas Pertanian dan Hortikultura Pinrang.

Eryanti berharap, ke depannya kegiatan ini akan dilaksanakan di setiap hari Jumat dengan lokasi di pelataran Distanhorti Pinrang. Dengan demikian, secara tidak langsung juga mensosialisasikan kepada pengunjung mengenai perubahan jadwal dan lokasi kegiatan.

Baca Juga:  Perkenalkan! Spesies Kuda Laut Baru dari Korea
loading...
loading...