Pasta Bawang Merah Asal Brebes Tembus Timur Tengah

Pertanianku — Inovasi merupakan kunci penting untuk mempertahankan gairah usaha komoditas pertanian di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya yang dilakukan oleh masyarakat Brebes yang mengolahnya menjadi pasta. Tidak hanya membuat bawang menjadi tahan lama, tetapi juga pasta bawang merah ini sudah berhasil diekspor ke pasar Timur Tengah.

pasta bawang merah
foto: pixabay

Di tengah pandemi, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengimbau kepada para pengusaha untuk melakukan berbagai inovasi teknologi terhadap komoditas petanian untuk meningkatkan mutu dan kualitas. Pasta bawang merah asal Brebes ternyata merupakan inovasi produk yang diminati oleh negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi.

“Rata-rata 10—15 ton setiap bulannya dikirim (ke Arab Saudi, red),” kata Dien, salah seorang pelaku usaha pasta bawang merah seperti dikutip dari laman pertanian.go.id.

Loading...

Produk inovasi pasta bawang merah pertama kali dirilis resmi pada Desember 2019. Hingga Maret 2020, produk pasta berhasil dikirim sebanyak 14 ton ke berbagai negara tujuan ekspor. Pandemi Covid-19 memang diakui memengaruhi proses ekspor serta jumlah permintaan. Dien mengatakan terakhir kali mengekspor produk tersebut pada awal April lalu.

Pasta bawang merah merupakan bumbu masakan yang disukai oleh masyarakat karena dinilai efisien dan mudah. Hasil inovasi para petani bawang merah di Brebes ini memiliki daya tahan yang cukup lama. Jika disimpan dalam suhu ruang, pasta dapat bertahan hingga 6 bulan. Sementara, jika disimpan di dalam lemari pendingin, pasta dapat bertahan hingga setahun.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, Brebes mampu menghasilkan bawang merah hingga mencapai 290.831 ton per tahun dengan luas tanam sekitar 24.783 hektare. Produktivitas Brebes dalam menghasilkan bawang merah terbilang tinggi. Bahkan, Brebes dapat menyumbang kebutuhan bawang merah secara nasional sebesar 30 persen, sedangkan untuk Jawa Tengah sebesar 60 persen.

Baca Juga:  Serat Pohon Pisang Abaka, Sumber Serat Alami yang Terkenal di Pasar Ekspor

Meskipun permintaan ekspor masih terhenti sementara, Badan Usaha Milik Petani (BUMP) PT. Sinergi Brebes Inovatif memastikan usaha olahan pasta bawang merah tetap berlangsung. Pasalnya, permintaan dari pasar dalam negeri masih tetap berjalan, yakni sekitar 2—3 ton per bulan.

 

 

 

 

Loading...
Loading...