Pasta Bawang Merah, Produk Olahan Bawang Merah yang Menjanjikan

Pertanianku — Bawang merah bisa diolah menjadi produk makanan seperti pasta bawang merah. Pengolahan bawang merah ini merupakan inovasi yang sangat berguna untuk menambah nilai jual dari bawang merah itu sendiri. Pasta tersebut sudah dibuat oleh petani bawang merah di Brebes dan penjualannya sudah mencapai ke berbagai negara di luar Indonesia, seperti Arab Saudi.

pasta bawang merah
foto: pertanianku

Produk ini baru saja dirilis pada Desember 2019 dan sudah diekspor ke berbagai negara hingga mencapai belasan ton.

Pasta bawang merah biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Pasta ini merupakan inovasi yang dibuat oleh petani asal Brebes dan bisa bertahan selama 6 bulan di dalam suhu ruangan. Sementara itu, jika disimpan di dalam lemari pendingin, pasta bisa bertahan selama 1 tahun.

Loading...

Pengolahan bawang merah menjadi produk olahan dilakukan untuk memperpanjang daya tahan bawang merah yang mudah membusuk. Pasalnya, bawang merah yang disimpan terlalu lama dapat mengalami penurunan bobot, tingkat kekerasan, kadar VRS (Volatile Reducing Substance) bawang berkurang, dan umbi bawang merah bisa bertunas.

Selain itu, penyimpanan bawang jadi lebih praktis ketika diolah menjadi pasta. Konsumen hanya tinggal menyimpannya dalam tempat bumbu atau di dalam lemari pendingin.

Saat ini harga pasta bawang merah masih terbilang sangat menarik, mulai dari Rp21.000—Rp45.000. Sementara itu, harga pasta yang dijual di pasar lokal sebesar Rp38.000. Para penjual pasta biasanya juga memasarkan barang dagangannya melalui e-commerce agar lebih mudah menjangkau pembeli. Permintaan pasta bawang merah dalam negeri memang relatif lebih rendah dibandingkan pasar ekspor.

Pasta bawang merah bisa menjadi produk usaha yang berpotensi dijadikan bisnis oleh UMKM (usaha mikro kecil menengah).

Pengolahan bawang merah menjadi produk pasta juga bisa berfungsi untuk mengurangi masalah defisit bawang merah segar serta memberikan alternatif ketika bawang merah segar sedang mahal.

Baca Juga:  Berkebun Organik itu Mudah

Bawang merah yang diolah akan menghasilkan rendemen sekitar 75 persen. Penggunaannya pun sangat mudah, tinggal langsung dicampur ke dalam menu masakan. Konsumen tidak perlu mengupas, mencuci, dan mengulek bawang merah terlebih dahulu.

 

 

Loading...
Loading...