PasTani, Aplikasi yang Memudahkan Masyarakat untuk Berbelanja Sayur

Pertanianku — Kementerian Pertanian (Kementan) telah melakukan berbagai upaya untuk membantu proses distribusi hasil tani petani agar bisa diserap langsung oleh pembeli. Kementan melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) baru saja meluncurkan inovasi terbaru, yaitu marketplace PasTani, aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat untuk berbelanja di Pasar Mitra Tani.

Pastani
foto: playstore

Kepala BKP Agung Hendriadi mengatakan, peluncuran Bazar Online dan marketplace PasTani merupakan upaya pemerintah untuk mengendalikan pasokan dan harga pangan dengan berkolaborasi bersama pemerintah pusat dan daerah menjelang Natal dan Tahun Baru 2021.

“Jadi, selain untuk mengatisipasi Natal dan Tahun Baru, juga untuk memudahkan masyarakat belanja bahan pangan, apalagi di saat pandemi Covid-19 sekarang ini. Masyarakat bisa belanja secara online dari rumah dan produk segera dikirim,” tutur Agung seperti dikutip dari laman bkp.pertanian.go.id.

Pas Tani telah dirilis serentak secara nasional di Pasar Mitra Tani yang tersebar di 34 provinsi. Peresmian aplikasi ini diharapkan mampu menghubungkan gapoktan serta penyedia pangan dengan masyarakat melalui sistem belanja online.

Aplikasi tersebut dapat diunduh di Play Store. Anda hanya tinggal mencarinya dengan nama Pas Tani. Setelah itu, daftarkan akun agar bisa mulai berbelanja. Di marketplace ini tersedia komoditas pokok yang menjadi prioritas utama Kementan, seperti minyak goreng, telur, cabai, bawang, gula pasir, ayam, daging, dan beberapa produk olahan ayam lainnya.

Anda bisa langsung menemukan Pasar Mitra Tani yang terdekat dari rumah dan memilih kurir pengantar yang diinginkan. Jarak maksimal pengiriman yang bisa dilakukan adalah 30 kilometer. Oleh karena itu, jangan memilih Pasar Mitra Tani yang terlalu jauh dari lokasi Anda.

Setelah proses jual beli selesai dilakukan, barang akan dikirimkan pada hari yang sama, sesuai dengan jam operasional Pasar Mitra Tani yang digunakan.

Baca Juga:  Manfaat Kacang Sayur untuk Kesehatan Tubuh

Pada saat ini, Pasar Mitra Tani yang bisa diakses baru terbatas pada Pasar Mitra Tani yang berada di Jakarta dan Bogor. Harapannya, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengakses seluruh Pasar Mitra Tani yang berada di Indonesia.

 

 

 


loading...