Pasti Sukses! Cara Budidaya Jamur Enoki di Indonesia


Pertanianku — Ada banyak jenis jamur konsumsi yang bisa Anda temui di pasararan. Salah satunya jamur enoki. Jamur enoki biasa ditemui di daerah beriklim sejuk dan tumbuh pada suhu rendah, yaitu saat musim gugur hingga awal musim semi. Bagaimana dengan Indonesia? Akankah kita berhasil budidaya jamur enoki di negara tropis seperti Indonesia?

budidaya jamur enoki
Foto: Shutterstock

Cara budidaya enoki di Indonesia berbeda dengan cara budidaya enoki di beberapa negara. Caranya lebih mudah dan praktis. Bahkan, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya.

  1. Persiapan budidaya jamur enoki

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan dengan benar, yaitu kondisi lingkungan untuk budidaya jamur enoki. Usahakan kondisi lingkungan tidak terkena polusi serta bebas dari limbah. Pelajari pula bagaimana karakteristik dari jamur enoki dan pastikan Anda memiliki ruang tersendiri untuk melakukan budidaya.

Siapkan sebuah ruangan khusus untuk membudidayakan jamur enoki dan pastikan ruangan memiliki suhu serta kelembapan yang tepat. Siapkan pula peralatan serta bahan untuk melakukan budidaya jamur enoki seperti rak-rak khusus untuk media tanam, kayu, ataupun bambu yang nantinya digunakan sebagai penopang rak.

Siapkan juga media tanam jamur seperti serbuk gergaji ataupun serbuk bongol jagung. Selain itu, sediakan juga botol plastik ataupun kantong plastik sebagai media tumbuh. Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan botol plastik. Ini dapat membentuk serta menjaga pertumbuhan jamur enoki.

  1. Media tanam budidaya jamur enoki

Langkah selanjutnya, yaitu membuat media tanam yang baik. Siapkan botol plastik yang sudah dibersihkan dan siapkan campuran media tanam seperti serbuk gergaji dan bonggol jagung. Buatlah sebuah rak penopang dari bambu dan susun nampan-nampan plastik pada rak tersebut.

Baca Juga:  Jamur Kombucha, Rahasia Diet Detoks Alami Anti-obesitas

Untuk nampan, pastikan bahannya kuat dan tidak gampang rusak serta mudah untuk dipindahkan. Persiapkan ruangan bersuhu 15° C dengan kelembapan sekitar 70% dalam waktu 30 hari. Jika ruangan kurang lembap, Anda bisa menyemprotkan air di sekitar ruangan. Ini sangat penting untuk menjaga pertumbuhan jamur.

  1. Perawatan budidaya jamur enoki

Jagalah suhu ruangan agar selalu stabil dengan meletakkan termometer khusus untuk suhu ruangan. Lakukan proses penyiraman untuk menjaga kelembapan media tanam setiap 3 hari sekali. Usahakan untuk menggunakan spray agar media tanam tidak terlalu lembap.

Jagalah kelembapan suhu selama 30 hari pertama dan 30 hari berikutnya untuk mempersiapkan panen. Periksalah selalu jamur enoki Anda. Jika menemukan ada jamur yang rusak, Anda bisa mengambilnya dan jauhkan dari jamur yang lain.

  1. Panen budidaya jamur enoki

Berbeda dengan jenis jamur pada umumnya, untuk memanen jamur enoki tidak bisa asal cabut, Anda harus memerhatikan dengan baik bentuk pertumbuhan jamur enoki. Untuk jamur enoki budidaya dapat dipanen sepanjang tahun, ini tentunya sangat menguntungkan.

Untuk memanennya, Anda bisa menggunakan alat seperti pisau atau gunting tanaman. Gunakan sarung tangan yang terbuat dari plastik atau kain. Lakukan pemanenan pada sore hari dengan cepat. Jamur yang sudah dipanen disimpan pada tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung. Jangan lupa untuk menyortir jamur yang akan dijual dan dikonsumsi sendiri.