Patut Coba! Rempah Pereda Sakit Kepala yang Mujarab


Pertanianku — Obat sakit kepala berbahan kimia banyak tersebar di pasaran dengan berbagai merek yang berbeda. Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai mencoba rempah sebagai pereda sakit kepala yang dinilai lebih alami dan aman.

pereda sakit kepala
Foto: Shutterstock

Sakit kepala sering ditandai dengan rasa pegal pada daerah kepala, leher, dan juga bahu. Sebenarnya gejala sakit kepala yang dialami setiap orang berbeda-beda. Makanan yang secara berlebihan mengandung MSG, kafein, alkohol, dan pemanis buatan juga dapat memicu sakit kepala. Beberapa rempah berikut ini dapat meringankan sakit kepala, dilansir dari laman Boldsky.

  1. Jahe

Jahe bermanfaat sebagai antiperadangan dan juga anti-oksidan yang kuat. Kandungan gingerol pada jahe diketahui bermanfaat sebagai obat sakit kepala. Jahe juga akan mengurangi peradangan pada pembuluh darah di kepala. Cara mengonsumsinya bisa dengan merebus jahe atau dijadikan sebagai bahan campuran jus seperti jus lemon. Ramuan jahe ini bisa dikonsumsi 1—2 kali sehari.

  1. Minyak lavender

Minyak lavender memiliki banyak manfaat. Selain dapat meredakan sakit kepala, minyak lavender juga dapat meningkatkan fungsi otak, memperbaiki tidur, menyembuhkan luka, mengembalikan warna kulit, mengurangi rasa sakit dan mencegah diabetes. Tambahkan dua tetes minyak lavender ke dalam dua cangkir air mendidih, lalu hirup uapnya.

  1. Kayu manis

Kayu manis kaya akan anti-oksidan yang bermanfaat untuk melindungi jantung, mengatasi peradangan, melawan diabetes, dan menurunkan risiko kanker. Kayu manis juga dapat melawan infeksi dan virus, serta bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala. Haluskan kayu manis lalu tambahkan air agar kental. Letakkan, di dahi saat berbaring dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat.

  1. Cengkih

Cengkih sangat berguna untuk menyembuhkan sakit kepala. Cengkih juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, melawan kanker, melindungi hati, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengendalikan diabetes. Campurkan dua tetes minyak cengkih dengan satu sendok minyak kelapa dan garam laut. Kemudian, pijatkan dengan lembut pada bagian pelipis.

  1. Daun kemangi
Baca Juga:  Manfaat Hebat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Bukan hanya sebagai lalapan, daun kemangi juga dapat mengobati sakit kepala. Daun kemangi juga memiliki sifat analgesik. Minyak dari daun kemangi ini dapat menjadi pelemas otot dan membantu mengobati sakit kepala yang disebabkan oleh otot yang tegang. Tambahkan empat helai daun kemangi ke dalam secangkir air, lalu rebus hingga mendidih. Air dapat diminum dengan campuran teh dan madu.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat melawan sakit kepala dan juga membantu memulihkan keseimbangan alkalin asam dalam tubuh. Campurkan setengah cangkir cuka dengan setengah cangkir air rebus hingga mendidih, kemudian hirup uap secara perlahan-lahan.

  1. Kayu cendana

Mengoleskan serbuk cendana di dahi dapat menstimulasi perhatian kita dan membantu untuk lebih fokus. Sifat dingin pada cendana memiliki pengaruh besar terhadap tubuh dan pikiran.