Pedoman Singkat Panen Tomat

Pertanianku — Budidaya tomat cukup menjanjikan di Indonesia. Konsumsi tomat yang tinggi membuat permintaan tomat selalu tinggi di pasaran. Sebelum dijual, ada baiknya memastikan tomat yang dipanen adalah tomat dengan kualitas baik dan waktu panen yang tepat. Berikut ini pedoman singkat bagi Anda yang akan melakukan panen tomat.

panen tomat
Foto: pixabay

Penentuan tomat siap panen

Tomat biasanya dapat dipanen setelah 2—3 bulan masa tanam. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat tomat hendak dipanen. Secara visual, tomat dapat dipanen apabila kulitnya sudah berwarna kemerahan. Daging buah tomat juga sudah cukup besar.

Loading...

Ciri lain adalah masih adanya sisa tangkai putik dan tangkai daun yang sudah mulai menua. Mengeringnya tanaman tomat juga menjadi tanda bahwa tanaman ini telah siap panen. Semakin mudah tomat dipetik dari pohonnya, buah tersebut semakin siap panen.

Selain itu, tomat yang dipanen juga bisa dilakukan dengan perhitungan waktu. Jika Anda membudidayakan tomat dalam jumlah besar, sebaiknya melakukan pemanenan dengan cara ini. Pengecekan satu per satu akan sangat memakan waktu. Terakhir, pemanenan juga dapat dilakukan dengan melihat proses respirasi pada tanaman.

Penentuan umur panen

Tidak ada ilmu pasti dalam perhitungan waktu panen yang optimal, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Petani biasanya menggunakan cara visual untuk menentukan tingkat kematangan. Namun, tak selamanya cara ini berhasil untuk diterapkan.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Tanaman yang dibudidayakan dengan kadar nitrogen yang tinggi akan memiliki warna hijau yang bertahan lebih lama. Warna merah pada buah tomat bisa menjadi rancu dan tidak dapat dipastikan pada semua jenis tanaman tomat.

Selain itu, ukuran buah tomat juga tidak bisa selamanya jadi patokan. Hal ini dikembalikan lagi kepada varietas tomat yang dibudidayakan oleh petani. Tomat varietas kecil akan menghasilkan tomat berukuran kecil pula.

Baca Juga:  Penting! Ini Syarat Budidaya Melon

Sejauh ini, metode paling tepat adalah dengan menggunakan cara fisiologi. Cara ini dapat diketahui dengan mengukur respirasi pada tanggal panen yang berbeda. Data ini kemudian dibuat menjadi kurva respirasi. Dengan demikian, waktu panen yang ideal dapat diketahui.

Sayangnya, cara ini tidak dapat diterapkan oleh semua orang karena sulit, memakan biaya mahal, dan memerlukan ahli khusus.

Cara terakhir adalah dengan memerhatikan pedoman praktis berikut. Tanaman tomat yang sudah mencapai umur 70—80 hari untuk tomat indeterminate dan 60 hari bagi tomat determinate sudah bisa dipanen. Buah yang dipanen pada waktu ini sudah cukup optimal.

Loading...
Loading...