Pelajari Langkah-langkah dalam Perpindah Kandang Ayam

Pertanianku – Apabila ayam harus mengalami pindah kandang, baik dari kandang pembesaran (starter ke grower) maupun kandang produksi (grower ke layer), manajemen pindah kandang merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal tersebut akan mempengaruhi tingkat produktivitas ayam.

Mengenal Lebih Jauh Ayam Elba

  1. Pindah kandang dari periode starter ke grower

Saat berumur 42 hari (6 minggu), ayam petelur sudah bisa dipindah dari kandang postal ke kandang baterai grower. Hal ini terutama dilakukan oleh peternak yang memiliki kandang grower yang terpisah dengan kandang starter. Ukuran kandang baterai untuk ayam petelur umur 42 hari, yaitu 30 cm x 35 cm x 60—80 cm. Biasanya ukuran tersebut diisi dengan 4—6 ekor ayam. Pindah kandang ini sebaiknya dilakukan setelah vaksinasi korisa yang pertama.

Loading...
  1. Pindah kandang akhir periode grower

Manajemen pindah kandang yang baik ditujukan untuk mengurangi stres akibat pindah kandang. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pindah kandang akhir periode grower adalah sebagai berikut.

  • Umur ayam dan perkembangan saluran reproduksi

Perkembangan oviduct dan ovarium akan berlangsung sangat cepat pada 10 hari sebelum ayam menghasilkan telur untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, waktu penentuan pindah kandang seharusnya di atas 10 hari sebelum ayam mulai menghasilkan telur. Pindah kandang yang dilakukan mendekati masa produksi, misalnya kurang dari dua minggu ayam mulai berproduksi telur, dapat menyebabkan ayam stres. Hal ini karena ayam dipaksa beradaptasi dengan kondisi kandang baru. Akibatnya, perkembangan saluran reproduksi terhambat sehingga akan menunda produksi dan puncak produksi telur. Waktu pindah kandang sebaiknya dilakukan saat ayamberumur 12—14 minggu (periode pre-laying). Pada umur ini pula biasanya dilakukan grading atau penimbangan berat badan total.

  • Target berat badan yang harus tercapai
Baca Juga:  Budidaya Udang Vaname di Lahan Sempit dengan Teknologi Microbubble

Ayam yang berumur 12 minggu telah mengalami tahapan akhirpertumbuhan tulang dan kerangka tubuh. Setelah umur ini, perkembangannya tidak akan optimal lagi. Perbedaan berat badan pada umur ini sangat berpengaruh terhadap kondisi atau kualitas kerangka tubuh. Oleh karena itu, pada umur ini perlu dilakukan seleksi dan pengelompokan (grading) ayam secara keseluruhan, terutama berdasarkan berat badan. Berat badan ayam pada periode ini dikelompokkan menjadi tiga sebagai berikut.

1) Ayam dengan berat badannya melebihi standar (>10% standar berat badan).

2) Ayam yang berat badannya sesuai dengan standar (10% dari standar berat badan).

3) Ayam dengan berat badan kurang dari standar (<10% berat badan).

 

Sumber: Buku Sukses Meningkatkan Produksi Ayam Petelur

 

Loading...
Loading...