Pelajari Peluang Bisnis Jagung Manis

Pertanianku — Konsumsi jagung manis terus mengalami peningkatan. Peluang binis jagung manis pun terus meningkat seiring tingginya tingkat konsumsi. Ada beberapa penyebab mengapa buah yang satu ini digemari dan banyak ditanam.

Peluang binis jagung manis
Foto: Pertanianku

Banyak dicari

Prospek bisnis jagung manis cukup bagus sebagai bahan baku industri. Industri yang menggunakan jagung manis antara lain sirup, gula jagung, pati jagung atau maizena, minuman sari jagung manis, susu, dan lainnya.


Loading...

Dalam skala yang lebih kecil pun jagung manis dikonsumsi dalam bentuk jagung rebus atau jagung kukus. Jagung manis yang masih muda rasanya manis dan enak karena kandungan gulanya cukup tinggi.

Di beberapa pasar lokal, perminataan jagung manis bisa mencapai 1—1,5 ton per hari. Jagung manis juga bisa diekspor ke luar negeri. Selain untuk industri pangan, jagung ini juga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan bioetanol.

Modal irit dengan harga selangit

Permintaan dan harga jual yang tinggi membuat petani bersemangat mengembangkan usaha bertani jagung manis ini. Modal utama yang dihadapi petani umumnya adalah kesulitan bahan baku dan kesulitan mendapatkan modal.

Kini, petani bisa banyak mengakses modal dan pasar dari agroindusri. Sementara, industri yang bekerja sama tersebut memperoleh bahan baku yang baik dan kontinu dari petani yang sudah dibina.

Prospek bisnis jagung manis sebagai kudapan

Model bisnis waralaba atau franchise bisa menjadi pilihan bagi wirausaha yang ingin terjun ke pasar, tapi belum mampu bersaing dengan banyaknya pendahulu. Sistem waralaba bisa meminimalkan risiko kegagalan.

Selain waralaba, sistem bisnis yang mirip waralaba di bidang makanan juga banyak digemari. Sistem ini bernama bussiness opportunity (BO). Kini sudah banyak sistem bisnis BO di bidang kudapan jagung dari berbagai merek.

Baca Juga:  Cabai Pelangi Karya Anak Bangsa

Salah satu contohnya sebagai berikut. Perusahaan berperan sebagai pemasok jagung manis pipilan segar. Jagung manis ini dijual dengan harga tertentu, dengan rentang 18.000—27.000 per kilogram. Agen kemudian menjual jagung tersebut kepada konsumen dalam bentuk jagung manis yang sudah matang.

Pihak perusahaan tidak akan menagih royalti dari hasil penjualan tersebut. Namun, ada ketentuan yang harus disepakati oleh mitranya. Biasanya, perusahaan akan menetapkan standar pengolahan kudapan tersebut.

Loading...
Loading...