Peletakan Bibit Jamur Merang yang Tepat


Pertanianku – Setelah suhu turun menjadi 32—35° C, sekitar 8—12 jam kemudian bedengan dalam rak-rak sudah siap untuk ditanami bibit. Bibit yang dibutuhkan sebanyak 1—6% dari berat basah media, tergantung pada strain bibit.

Peletakan Bibit Jamur

Bibit yang digunakan harus sudah dipisahkan, tidak berupa gumpalan lagi. Bibit tersebut ditebarkan di seluruh permukaan kompos. Untuk rak bedengan dengan panjang 3 m dan lebar 1 m dibutuhkan 4—6 botol bibit berkapasitas 500 cc.

Setelah bibit diletakkan, jendela dan pintu kumbung ditutup selama tiga hari. Usahakan agar suhu dalam ruangan dipertahankan untuk memberi kesempatan miselium tumbuh dan berpenetrasi ke seluruh kompos media tumbuh. Tingginya suhu inisebenarnya sangat tergantung pada strain jamur yang digunakan.

Namun, umumnya jamur yang ada di Indonesia akan tumbuh baik pada suhu 32°—38° C. Selubung plastik pun dapat digunakan untuk menaikkan suhu. Delapan hari setelah peletakkan bibit, introduksikan atau masukkan cahaya untuk mempercepat pembentukan primordia dari jamur. Begitu primordia terbentuk, sirkulasi udara segar perlu dimulai untuk mempercepat perkembangan tubuh buah jamur. Harus selalu diperhatikan agar rak bedengan jangan sampai kering. Jika penyiraman diperlukan, semprotkan air dengan sprayer hanya pada permukaannya saja. Sebelum disemprotkan, campurkan 2—3 sendok makan urea ke dalam 20 liter air.

 

Sumber: Buku budidaya jamur merang

 

Baca Juga:  Mendag Sebut Minyak Sawit Mentah RI Masih Jadi Primadona di Spanyol