Peluang Bisnis Budidaya Ikan Bawal Masih Terbuka Lebar

Pertanianku – Peluang bisnis budidaya ikan bawal jika ditekuni memiliki potensi besar ke depannya. Hal ini karena seorang pelaku usaha harus melakukan analisa sendiri agar mampu mengetahui dengan jelas bagaimana potensi sebuah usaha.

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Bawal Masih Terbuka Lebat

Gambaran yang diberikan tentu saja akan berbeda dengan hasil analisa langsung dilapangan mengingat sebuah usaha akan dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk di dalamnya faktor pelaku usaha itu sendiri.

Sebaik apapun peluang namun, jika yang mengerjakan tidak memiliki keahlian yang cukup maka usaha yang dijalankan menjadi kurang berpeluang. Oleh karena itu, peluang usaha ikan bawal ini dan perlu dikaji lebih dalam.

Ikan bawal termasuk jenis ikan karnivora. Ikan ini memiliki rasa daging yang gurih dan enak, meski cukup banyak durinya. Namun, dari sisi rasa, ikan bawal tidak jauh beda dengan ikan mas. Begitu juga dari sisi fisik dagingnya. Karena itu ikan bawal menjadi salah satu ikan konsumsi yang juga cukup diminati oleh masyarakat.

Ikan bawal menjadi pilihan karena rasanya yang enak dan juga harganya yang cukup terjangkau. Dilihat dari gambaran kebutuhan konsumennya, secara umum peluang usaha ini cukup baik untuk dikerjakan. Usaha ini masih memungkinkan kita untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Salah satu alasan mengapa usaha perikanan ini cukup bagus yaitu dari sisi pengeluaran modal yang dibutuhkan. Modal yang dibutuhkan untuk budidaya bawal ini tidak terlalu besar sehingga margin keuntunggannya pun bisa lebih banyak. Modal pemeliharaan yang tidak terlalu besar tentu akan menguntungkan petani ikan yang membudidayakannya.

Selain masalah modal, usaha budidaya ikan bawal dikatakan menjanjikan karena memiliki asumsi keuntungan yang cukup besar. Misalnya seperti membesarkan ikan sebanyak 3.500 ekor diperlukan biaya sekitar Rp6 jutaan, selama tiga bulan pemeliharaan bisa dipanen dengan asumsi keuntungan sekitar Rp13 jutaan.

Baca Juga:  Penggunaan Air Hujan untuk Budidaya Lele

Pemeliharaan ikan bawal ini relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan pemeliharaan ikan lainnya. Yang menarik, meski harga pasaran ikan ini lebih rendah namun harga ikan bawal di pasaran cenderung stabil. Ini tentu memberikan kelebihan tersendiri untuk sebuah usaha yang akan didirikan. Harga yang stabil tentu akan mengurangi tingkat risiko yang ada.


loading...