Peluang Bisnis si Cantik Krisan Arosuka Pelangi

Pertanianku — Bunga krisan termasuk tanaman hias populer yang diminati oleh konsumen di Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) telah menghasilkan varietas krisan unggul yang diberi nama Arosuka Pelangi. Varietas ini menjadi salah satu varietas krisan dengan tipe bunga spora dan bentuk bunga ganda.

arosuka pelangi
foto: Litbang.pertanian.go.id

Krisan Arosuka Pelangi telah dirilis sejak 2013 silam. Bunga cantik ini dapat tumbuh hingga mencapai 121,5–128,5 cm dengan diameter batang sekitar 6,8–8,6 mm. Kuntum bunga Arosuka Pelangi berwarna kuning oranye dengan diameter kuntum bunga sekitar 5,9–6,4 cm dan diameter bunga tabung 1,2–1,4 cm.

Batang tanaman berdiameter 6,8–8,6 mm, berwarna hijau, panjang ruas sekitar 2,0–2,8 cm, dan jumlah ruas 49–52. Daun krisan unggulan ini berbentuk lonjong menjari dengan lekukan dalam serta bergerigi kasar, panjangnya mencapai 11,0–12,1 cm, lebar 7,0–8,0 cm, berwarna hijau dan tersusun berselang-seling.

Melansir dari laman litbang.pertanian.go.id, varietas unggul besutan Balitbangtan ini memiliki keunggulan berupa kuntum bunga yang berwarna kuning cerah dengan piringan hijau cerah. Waktu respons tanaman 56–61 hari dengan masa segar bunga 14–17 hari di dalam vas. Ini artinya, krisan ini bisa menjadi tanaman dekorasi yang cantik dan bertahan cukup lama setelah dipotong.

Varietas unggulan ini cocok dibudidayakan di ketinggian 700–1.200 m dpl. Varietas Arosuka Pelangi terbilang sangat prospektif untuk dikembangkan oleh agroindustri bunga nasional karena status tanaman ini untuk komersial.

Seperti yang sudah diketahui, bunga krisan memiliki keindahan yang mampu menarik perhatian. Tak jarang, krisan banyak digunakan untuk berbagai kepentingan yang menyangkut keindahan, seperti dekorasi, bouquet bunga, dan bunga potong. Tanaman krisan juga bisa dipelihara di lahan atau di pot sebagai dekorasi yang dapat mempercantik pekarangan rumah.

Baca Juga:  Tips Memilih Pupuk Organik: Jangan Lihat Mereknya!

Keindahan bunga krisan juga didukung dengan variasi warna yang beragam sehingga membuat penampilannya sangat indah. Tak heran, banyak orang yang jatuh hati ketika memandangnya.