Peluang Bisnis Ternak Kambing dengan Modal Kecil

Pertanianku – Bagi Anda yang suka dengan binatang seperti binatang yang dapat menghasilkan uang atau sering disebut binatang ternak, Anda dapat menyalurkan hobi Anda menjadi bisnis. Jika kita mengetahui tentang hewan yang kita sukai maka tidak ada salahnya kesukaan itu kita jadikan peluang bisnis ternak hewan yang menguntungkan.

Peluang Bisnis Ternak Kambing dengan Modal Kecil

Salah satu jenis hewan yang mempunyai prospek tinggi untuk diternakan adalah kambing. Karena peluang bisnis ternak kambing merupakan hewan ternak yang memiliki potensi yang dapat menghasilkan keuntungan puluhan juta rupiah jika bisnis ini benar-benar ditekuni. Peluang bisnis ternak kambing pun sangat luas.

Jika dilihat dari luar peluang bisnis ternak kambing ini seperti biasa biasa saja, tetapi sebenarnya peluang bisnis ternak kambing ini lumayan bagus mengingat produk yang dihasilkan dan memiliki pangsa pasar yang tinggi seperti daging kambing, susu kambing, dan juga kulit kambing.

Salah satu sarjana muda lulusan IPB mengatakan tentang peluang bisnis ternak kambing yang untungnya dapat mencapai 120% sampai 420% setiap tahunya hanya dengan modal Rp10 juta yang digunakan untuk membeli kambing ternak. Sangat banyak bukan keuntungan yang kita peroleh hanya dalam jangka waktu satu tahun saja. Dari modal Rp10 juta tersebut Anda bisa membeli  satu kambing jantan dan 10 ekor kambing betina. Dan setiap tahunnya mereka beranak satu kali, dalam satu kali beranak bisa keluar 1 sampai 3 ekor anak kambing.

Dan juga yag kita jadikan usaha adalah susunya, maka usaha susu kambing tersebut bisa kita estimasi keuntunganya jika kita bisa mendapatkan 100–600 liter susu. Dan harga dipasaran sekitar 10–40ribu per liter. Bisa kita bayangkan berapa keuntungan bisnis susu kambing etawa atau jenis kambing lainya. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan kotoran kambing untuk dijual.  Jadi dalam satu tahun hanya dengan modal 10 juta rupiah saja keuntunga yang kita peroleh dari usaha budidaya kambing ini sekitar 34–52 juta.

Baca Juga:  Kriteria Domba Bibit yang Bagus