Peluang Usaha Benih Sidat dengan Pendederan

Pertanianku Ikan sidat merupakan salah satu ikan konsumsi yang cukup digemari masyarakat. Tersebar luas di perairan dunia, ikan sidat ternyata juga sudah banyak dibudidayakan. Salah satu tahapan budidaya yang tidak kalah penting adalah pendederan benih sidat.

pendederan benih sidat
Foto: dok. Pertanianku

Pendederan benih sidat bertujuan menghasilkan benih yang benar-benar siap untuk dibesarkan. Benih yang sudah siap dibesarkan minimal berukuran 11—12 cm.

Proses pendederan benih sidat ini meliputi persiapan, penebaran elver, pemberian pakan, pengontrolan kualias air, dan pemanenan.

Loading...

Tahap persiapan sidat diawali dengan menyiapkan kolam. Kolam yang digunakan bisa berupa kolam beton yang sudah dibersihkan, terutama disikat bagian dasarnya. Kolam pun dikeringkan selama 2—3 hari.

Tak lupa, kolam juga didesinfeksi dengan kaporit. Desinfeksi bertujuan memotong siklus bakteri penyebab penyakit. Selanjutnya, air dialirkan ke kolam.

Tahapan berikutnya adalah penebaran elver. Bibit elver (benih sidat yang sangat halus) yang digunakan berkisar antara 4—7 cm dengan berat sekitar 0,16 gram per ekornya. Satu kilogram elver bisa berisi 6.000—7.000 ekor elver.

Berhubung elver merupakan benih ikan yang masih halus, penanganannya pun cukup rumit. Elver membutuhkan peti basah atau jaring halus pada air mengalir. Jika elver terlalu lama dibawa ke tempat pembesaran, elver bisa stres atau mengalami kematian.

Pemberian pakan pada hari pertama dan kedua usah tidak dilakukan. Mulai hari berikutnya, selama 2—3 hari elver mulai diberi pakan pasta yang terbuat dari daging kerang dan cacing sutera. Pakan cacing sutera sangat disukai elver.

Pelet mulai diberikan setelah elver memasuki hari ke 5—6. Pakan buatan yang diberikan memiliki kandungan protein sebanyak 55 persen. Pakan diletakkan di dalam cawan dan ditaruh di dasar kolam, sehingga elver akan berkumpul ke pakan. Pakan buatan diberikan bersama pakan alami sampai sidat berusia 21 hari dalam bak.

Baca Juga:  Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Budidaya Teripang

Pengontrolan kualitas air kolam bisa dilakukan dengan mengganti air setiap 5—7 hari sekali. Hal ini perlu dilakukan karena sisa metabolisme yang dikeluarkan sidat bisa meningkatkan kandungan amoniak dan CO2 pada air.

Terakhir adalah tahapan pemanenan. Elver bisa dipanen apabila sudah mencapai kepadatan 1,2 kilogram per meter kubik. Ukuran elver yang dihasilkan sekitar 1 gram per ekor dengan panjang 8—8,5 cm.

Pemanenan benih sidat dilakukan jika Anda ingin pembesaran sidat sendiri. Namun, Anda juga bisa menjualnya kembali. Beberapa pembudidaya akan mencari benih sidat untuk dibesarkan, dan peluang inilah yang bisa Anda manfaatkan.

Loading...
Loading...