Peluang Usaha Beternak Burung Puyuh Masih Menjanjikan

Pertanianku – Salah satu usaha peternakan yang cukup menjanjikan dan masih memiliki potensi besar adalah beternak burung puyuh. Seperti yang kita ketahui, burung puyuh tak hanya sebagai burung pedaging, tetapi mampu menghasilkan telur puyuh. Di Indonesia saja permintaan telur puyuh masih sangat tinggi. Hal inilah yang membuat prospek ke depannya masih terbilang cemerlang.

Selain itu, berbagai macam olahan makanan dapat dibuat dari telur dan burung puyuh dewasa sehingga membuat pecintanya seolah ketagihan dengan gurihnya daging serta telur burung puyuh yang juga lezat.

Hal tersebut tak disia-siakan oleh Tukiman, warga Desa Bade Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali ini untuk beternak burung puyuh.

Tukiman memanfaatkan halaman belakang rumahnya untuk beternak tidak kurang dari 1.000 burung puyuh. Tukiman telah 4—5 tahun beternak burung puyuh. Keuntungannya mencapai Rp8 juta setiap bulannya. Namun, sayangnya usaha peternakan burung puyuhnya ini masih memerlukan banyak bantuan dari pihak-pihak terkait untuk semakin besar karena dia menggunakan sistem bagi hasil kepada yang dia sebut sebagai “juraganne”.

Tukiman mengatakan, dia mendapatkan pakan, vitamin serta obat-obatan dari “juraganne” tersebut dengan sistem pembayaran setelah burungnya menghasilkan telur yang dijual kepada “juraganne” dipotong dengan biaya pembelian pakan, vitamin, dan obat-obatan. Keuntungan yang didapatkan Tukiman semakin kecil tatkala ada kenaikan harga pakan, vitamin, dan obat untuk burung puyuhnya.

“Alhamdulilah, sampai saat ini belum pernah terkena wabah penyakit yang mengakibatkan kerugian besar,” tutur Tukiman.

Dalam sekali panen, Tukiman bisa mendapatkan sekitar lima ribu telur puyuh. Burung puyuh akan menghasilkan telur apabila berusia lima hingga enam minggu dan dapat dipanen hampir setiap hari selama kurang lebih dua bulan. “Sampai saat ini perbandingan antara jumlah telur dan burung puyuh yang menghasilkan telur mencapai 80—85% dari keseluruhan burung,” ungkapnya.

Tukiman mendapatkan keuntungan tidak hanya dari menjual telur burung puyuh, tetapi juga menjual burung puyuh jantan dan betina yang telah afkir. Burung puyuh yang telah berhenti menghasilkan telur atau yang kerap disebut afkir akan dijadikan berbagai jenis masakan. Umumnya, akan menjadi burung puyuh goreng atau bakar yang kerap disajikan di warung dan kedai kaki lima.

loading...
loading...