Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus


Pertanianku – Di Indonesia terlebih di Banjarmasin, ikan gabus dinilai sebagai salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki prestise lebih dibanding ikan air tawar lain. Pasalnya, harga jual ikan gabus tergolong mahal. Harganya jauh di atas harga ikan air tawar lainnya. Saat ini harga ikan gabus di pasaran mencapai Rp95.000/kg ribu.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus

“Harga ikan gabus memang tinggi saat musim hujan karena susah mendapatkan tangkapan liarnya di sungatai atau rawa. Saat musim kemarau biasanya harga akan sedikit murah sekitar Rp40.000/kg,” ucap Syakdillah, salah seorang pembudidaya ikan gabus asal Kelurahan Alalak Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin. Sebagaimana dilansir dari Jitunews (6/6).

Dari hasil Panen budidaya ikan gabus Syakdillah mampu menghasilkan gabus seberat 200–500 gram/ekor. Tingginya harga ikan gabus di pasaran, dinilai Syakdillah, membuat peluang usaha budidaya ikan gabus sangat menjanjikan.

Rusmini, Sekertaris Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin mengatakan ,sejak 2012 lalu Syakdillah bersama rekannya telah membentuk kelompok pembudidaya ikan gabus di setiap kecamatan. Setiap kelompok tersebut diarahkan untuk melakukan pembenihan dan pembesaran ikan gabus.

“Sekarang ini, ada 21 kelompok pembudidaya ikan gabus  tersebar di lima kecamatan, setiap kelompok beranggotakan 10 orang,” ungkap Rusmini.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh Doyo Pudjadi, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin yang akan terus mengembangkan budidaya ikan gabus di Kota Banjarmasin. Dengan begitu penyediaan ikan gabus untuk konsumsi masyarakat tidak lagi bergantung pada alam.

“Tahun ini kamu targetkan panen ikan gabus sebanyak 30 ton, gabus merupakan makanan favorit orang Banjar” jelas Doyo.

Doyo mengatakan, keberhasilan budidaya ikan gabus diharapkan tidak hanya mampu mengubah nasib para pembudidaya  menjadi baik tetapi juga mampu meredam inflasi di Kalimantan Selatan.

Baca Juga:  Jangkrik Ini Dijual Rp100-an Juta!
loading...
loading...