Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Organik Mendatangkan Keuntungan

Pertanianku – Saat ini budidaya ikan lele organik sudah banyak diminati oleh para peternak ikan lele yang telah lama membudidayakannya maupun bagi mereka yang baru memulai usaha budidaya ikan lele organik. Banyak kalangan untuk memulai usaha ini karena semakin hari semakin banyak permintaan di pasaran, sedangkan pasokan belum banyak tersedia. Hal ini tentu merupakan sebuah peluang yang besar yang sangat menguntungkan untuk menjalankan budidaya ikan lele organik.

Peluang Usaha Budi Daya Lele Organik Mendatangkan Keuntungan

Budidaya ikan lele organik terbilang lebih murah dari pada biaya budi daya lele yang lainnya. Perbandingan biayanya mungkin bisa sampai 50%. Oleh karena itu, tak heran jenis budidaya lele organik ini banyak yang melirik.

Selain itu, budidaya ikan lele organik ini bagi peternak ikan dapat menjadi pilihan yang menguntungkan karena biaya perawatannya yang rendah ditengah semakin tingginya harga bahan-bahan yang diperlukan. Misalnya harga pelet mencapai Rp9.000/kg. Sedangkan budidaya ikan lele organik bisa menggunakan fermentasi kotoran sapi sebagai pengganti pelet yang harganya sekitar Rp2.300/liter. Berikut beberapa keuntungan dan kelebihan budidaya ikan lele organik.

  1. Hemat biaya perawatan

Biaya perawatan dalam budidaya ikan lele organik apapun biasanya merupakan salah satu kendala yang harus dihadapi dikarenakan besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Namun, berbeda dengan budidaya ikan lele organik, bisa dibilang perawatannya terbilang murah jika dibandingkan dengan budi daya lele yang lainnya.

  1. Air kolam ikan lele tidak perlu diganti

Mengganti air kolam lele secara teratur merupakan suatu keharusan supaya ikan tidak mati. Namun, hal ini tidak berlaku untuk budidaya ikan lele organik. Pemeliharaan ikan lele organik terbilang mudah karena kamu tidak perlu sampai mengganti airnya secara teratur. Anda cukup menggantinya beberapa kali saja hingga masa panen, itupun jika perlukan.

  1. Kolam ikan lele organik tidak berbau menyengat
Baca Juga:  Resep Pecel Lele yang Super Lezat

Kalau selama ini lokasi budi daya ikan identik dengan bau anyir dan menyengat yang sangat menggangu, tetapi lain halnya dengan budidaya ikan lele organik. Anda tidak akan menemukan bau yang menyengat karena cara budi daya ikan lele yang ramah lingkungan.

  1. Lebih ramah lingkungan

Lingkungan akan selalu terjaga keindahannya dan tidak merasa terganggu dengan bau yang diakibatkan dari air yang biasanya mengeluarkan bau amis.

  1. Bobot ikan lele organik jauh lebih besar dan panjang

Ikan lele organik memiliki bobot lebih besar jika dibandingkan dengan ikan lele biasa sehingga dapat lebih menguntungkan. Selain itu, ikan lele organik juga bisa lebih cepat dipanen sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar lebih cepat.

  1. Pakan yang lebih murah

Pemberian pakan merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam budidaya ikan lele organik ini. Biasanya pakan ikan berkualitas tinggi dijual dengan harga yang lumayan mahal. Namun, tidak untuk pakan ikan lele ini, Anda bisa menggunakan kotoran sapi sebagai pakannya yang mempunyai harga yang tidak mahal tentunya.