Peluang Usaha Budidaya Mangga Kio Jay Menjanjikan


Pertanianku – Mungkin Anda masih asing dengan varietas mangga yang satu ini. Dialah mangga kio jay. Bisa dibilang mangga kio jay adalah mangga yang sempurna. Lihat saja, dengan ukuran jumbo, daging buahnya manis dan harum. Itulah sebabnya mangga ini juga disebut mangga harum manis raksasa. Mangga ini mulai dikenal dan dikembangkan sejak 2001 lalu.

Mangga kio jay, merupakan mangga varietas baru asal Negeri Gajah Putih, Thailand. Sejak satu tahun terakhir, mangga yang memiliki ukuran jumbo ini mulai dikenal masyarakat Indonesia. Hanya saja, rasa mangga ini sempat diragukan.

Tampilan luar mangga kio jay memang menyenangkan. Lihat saja, sebuah mangga kio jay bisa memiliki bobot antara 1,2 kg sampai dengan 1,8 kg, bahkan berat bisa mencapai berat 2 kg. Lebih menarik lagi, dengan buah nan jumbo, rasa buah mangga ini manis dan harum. Selain itu, buah mangga ini juga berdaging tebal dan memiliki daging buah berserat lembut serta biji yang kecil.

Aji Win, pemilik Citra Karya Tani di Karawang adalah salah satu pembudidaya mangga kio jay. Ia mengatakan, baru di awal 2011, jenis mangga ini mulai marak. Ini dibuktikan dengan penjualan bibit mangga kio jay yang mencapai 200 bibit pohon per bulan.

Aji menjual bibit mangga setinggi 50 cm dengan harga Rp100.000 per pohon. Dari penjualan bibit mangga kio jay saja, Aji mengaku memperoleh omzet hingga Rp20 juta per bulan.

Selain pesanan pohon yang datang dari wilayah Jabodetabek, banyak juga pesanan datang dari Kalimantan dan Sumatera. “Paling banyak dari Sumatra,” kata Aji.

Bahkan, karena keterbatasan bibit membuat Aji sering tidak mampu memenuhi semua pesanan. Kabarnya, para petani buah di Aceh saat ini sedang gencar bertanam buah yang memiliki arti hijau dan manis ini.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Mutu Buah Belimbing Demak

Selain duit dari bibit, buah mangga kio jay juga bisa menghasilkan untung berlimpah. Sebab, harga tiap kg mangga kio jay mencapai Rp25.000 hingga Rp30.000. Oleh karena itu, tak jarang satu butir mangga bisa dijual dengan harga Rp35.000 sampai Rp40.000. Sekarang tinggal hitung saja bila setiap kali panen bisa menghasilkan 60—70 buah mangga yang juga disebut mangga harum manis raksasa ini. “Prospek usaha budidayanya memang lumayan menjanjikan,” papar Aji sambil tersenyum.

Perawatan pohon mangga kio jay sederhana saja. Untuk mendapatkan pertumbuhan optimal hanya diperlukan pemberian nutrisi dan penyiraman tiap sore hari. Dengan metode tabulampot, panen bisa dinikmati lebih cepat sehingga untung berlipat.

loading...
loading...