Peluang Usaha Jambu Air Madu Deli Semanis Rasa Buahnya

Pertanianku Jambu air madu deli merupakan salah satu kekayaan tanaman buah yang dimiliki oleh Indonesia. Buah ini terkenal dengan rasanya yang manis seperti madu dengan dagingnya yang tebal dan tidak berbiji.

jambu air madu deli
foto: pertanianku

Jambu ini sebenarnya memiliki peluang yang bagus jika dijadikan komoditas bisnis. Pasalnya, produktivitas pohon jambu madu deli terbilang cukup tinggi dan sangat baik. Pohon jambu air ini senang berbuah di musim kemarau saat tanaman mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Selain itu, kelebihan jambu air ini juga terletak pada buahnya yang manis dan tidak berbiji. Bukan hal yang mustahil jika banyak masyarakat Indonesia di luar Pulau Sumatera menyukai buah ini seperti jambu air citra yang sudah sangat populer di Pulau Jawa, bahkan penjualannya sudah masuk ke pasar swalayan.

Loading...

Salah satu pengusaha yang berkecimpung dalam komoditas jambur air madu deli adalah Bapak Sumanto di Desa Tegalreo, Kecamatan Tegalsari. Dilansir dari cybex.pertanian.go.id, Bapak Sumanto menanam jambu air ini secara tumpang sari dengan tanaman jeruk.

Pohon yang dimiliki olehnya sebanyak 33 buah dan dapat dipanen sebanyak 2 kali saat memasuki musim panen. Setiap pohonnya menghasilkan buah hingga sebanyak 100—200 kilogram. Harga per kilogram buah jambu air madu deli saat itu berada di kisaran Rp15.000—Rp18.000.

Dengan kisaran harga tersebut, buah jambu air ini terbukti memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan menjanjikan. Banyak konsumen yang menyukai jambu ini karena rasanya yang manis, meskipun jambu ini terbilang cukup mahal dibandingkan varietas jambu air lainnya.

Dilansir dari kompas.com, Udin asal Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara memutuskan untuk membeli 100 batang jambu air madu deli seharga Rp6 juta lima tahun yang lalu. Kini usahanya sudah berhasil memberikan keuntungan yang fantastis. Setiap bulannya Udin mampu mengantongi keuntungan dari menanam jambu air tersebut sebanyak Rp10 juta. Dalam setahun Udin bisa melakukan panen sebanyak 8—10 kali.

Baca Juga:  Tips Membuat Pohon Jambu Air Khiojok Cepat Berbuah Lebat

Sudah terbukti jika jambu primadona asal Sumatera Utara ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bila dilakukan dengan serius.

Jika Anda tertarik untuk bertanam jambu air madu deli ini, Anda bisa mendapatkan bibit jambu air madu deli berkualitas di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan sarana produksi pertanian, mulai dari bibit dan benih beragam tanaman, media tanam, pupuk, pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya.

Pada September ini ada promo menarik untuk pembelian bibit jambu air madu deli di Toko Trubus. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

Loading...
Loading...