Peluang Usaha Jamur Tiram Bagi Ibu Rumah Tangga

Pertanianku — Saat ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk menghasilkan uang tambahan. Jika dijalankan dalam skala besar, usaha jamur tiram bagi ibu rumah tangga bisa menjadi pemasukan utama yang menjanjikan. Pasalnya, permintaan jamur tiram sendiri terbilang sangat baik karena sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

usaha jamur tiram
foto: pertanianku

Ibu rumah tangga merupakan posisi yang bisa memainkan peran jamak dalam pekerjaan. Saat ini sudah ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa ibu rumah tangga pun bisa sukses merintis usaha. Banyak ibu rumah tangga sukses menjalankan bisnisnya, baik secara offline maupun online.

Usaha budidaya jamur tiram termasuk usaha yang menjanjikan dengan sistem kerja yang fleksibel dan tidak menyita waktu. Usaha ini sangat cocok untuk dijadikan pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga yang memiliki waktu senggang setelah melakukan pekerjaan rumah tangga.

Loading...

Dari masa krisis yang terjadi pada 1998 membuktikan kekuatan UMKM bisa tetap bertahan meskipun banyak perusahaan besar gulung tikar. Hal ini dikarenakan UMKM menggunakan input lokal, berorientasi pada pasar domestik, tidak memiliki tujuan untuk utang perbankan, dan tidak membutuhkan utang luar negeri.

Pergerakan UMKM yang bermain di pasar domestik sangat membantu para pelaku usaha kecil untuk mempertahankan roda perekonomian dari krisis. Bahkan, di negara maju, peran UMKM terbukti efektif untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang sedang terjadi.

Gairah komoditas jamur tiram pada pasar domestik terbilang cukup tinggi dan itu sudah lebih dari cukup sebagai sumber pemasukan. Pemasaran jamur tiram tidak begitu bergantung pada kondisi pasar global seperti ekspor. Namun, jika keadaan sedang membaik, hasil panen jamur tiram yang melimpah bisa menjadi komoditas ekspor yang menguntungkan.

Baca Juga:  Sayuran Buah yang Mudah Ditanam

Dari penjabaran tersebut, dapat disimpulkan bahwa usaha berbasis UMKM memiliki andil yang cukup penting untuk mengatasi permasalahan ekonomi. Tidak hanya sebatas perekonomian pada skala rumah tangga, tapi juga untuk perekonomian nasional.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...