Peluang Usaha Nugget Jamur


Pertanianku—Olahan jamur sangat digemari karena teksturnya yang seperti ayam namun harganya jauh lebih murah. Salah satu olahan jamur yang disukai adalah nugget jamur. Peluang usaha nugget jamur pun terbuka lebar karena panganan ini mudah dibuat dan mudah disimpan.

Peluang usaha nugget jamur
Foto: pixabay

Bahan yang digunakan untuk membuat nugget jamur sangat sederhana. Pertama, sediakan setengah kilogram jamur tiram segar. Bahan lain adalah bawang putih 7—8 siung, bawang merah 2 siung, merica, garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya.

Agar jamur dapat melekat, gunakan tepung terigu dan tepung beras, serta telur ayam. Bahan pencelup untuk menempelkan tepung panir pada nugget bisa berupa telur saja atau diberi tambahan tepung terigu dan air.

Cara membuat nugget jamur adalah sebagai berikut.

Mula-mula, bersihkan jamur dan rendam sebentar sampai layu. Iris jamur tipis-tipis. Anda bisa membuat nugget bertekstur seperti ayam dengan menyisakan beberapa bagian jamur teriris sedikit lebih tebal.

Haluskan semua bumbu dan masukkan jamur ke dalamnya. Haluskan sekali lagi. Masukkan tepung terigu dan koreksi rasanya sebelum dimasukkan ke dalam loyang. Jika sudah pas, siapkan Loyang cetakan dan masukkan adonan. Kukus sampai matang.

Adonan yang sudah matang sebaiknya disimpan terlebih dahulu di dalam lemari pendingin sampai dingin. Potong-potong sesauai selera.

Kocok lepas telur, anda dapat menambahkan campuran sedikit tepung dan air apabila suka. Siapkan tepung terigu dan tepung panir.

Celupkan adonan yang sudah dipotong ke dalam tepung terigu. Kemudian masukkan ke dalam adonan telur, dan guling-gulingkan di atas tepung panir. Nugget dapat dikemas ke dalam kemasan kemudian di vakum agar lebih awet. Pastikan menyimpan nugget dalam kulkas agar awet.

Anda juga bisa menjual nugget yang sudah digoreng. Anda hanya perlu menyiapkan minyak goreng yang sudah panas. Pastikan menggoreng nugget secara matang merata. Nugget jamur bisa dijual sebagai lauk makan atau camilan.

Baca Juga:  Begini Caranya Membuat Steak Jamur

Harga jamur tiram hanya berkisar Rp12.000 per kilogram. Anda bisa membuat beragam variasi untuk meningkatkan nilai jual nugget tiram. Tambahan lain seperti sayuran wortel atau bayam, potongan ayam, maupun isian keju akan membuat olahan nugget keju menjadi lebih menarik dan usaha nugget jamur anda lebih berkembang.

loading...