Peluang Usaha Olahan Jagung Sederhana

Pertanianku — Peluang usaha olahan jagung sangat terbuka lebar. Harga jagung yang terjangkau membuat olahan jagung cenderung bisa dijual dengan harga lebih murah. Selain itu, jagung juga bisa dibuat menjadi beragam olahan nikmat. Berikut ini beberapa peluang usaha olahan jagung sederhana.

Jagung susu keju

usaha olahan jagung
Foto: instagram ngemilnasi

Olahan yang satu ini sangat mudah ditemui di berbagai tempat. Cara membuatnya sangat mudah namun cukup diminati konsumen. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan 5 buah jagung, margarin atau mentega, 100 gram keju, dan susu kental manis.


Loading...

Pipil jagung manis hingga terpisah dari bonggolnya. Cuci jagung manis dan kukus selama 10 menit. Penyajian jagung manis bisa dilakukan dengan meletakkan jagung manis kukus secukupnya. Tambahkan mentega secukupnya dan susu kental manis. Aduk hingga rata. Sajikan dalam keadaan hangat dengan parutan keju.

Kue talam jagung

usaha olahan jagung
Foto: instagram bunda.tia31

Kue talam yang halus dan lembut bisa disajikan sebagai sebagai makanan penutup. Pembuatannya pun cukup mudah. Anda perlu menyiapkan bahan-bahannya antara lain 2 buah jagung, 2 sendok makan gula pasir, 2 sendok makan susu kental manis, 50 gram kelapa parut, 60 mL susu, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan maizena, serta garam dan minyak secukupnya.

Sisir jagung manis dan haluskan dengan belnder. Masukkan gula pasir, susu kental manis, kelapa parut, susu, tepung beras, tepung maizena, dan garam. Aduk adonan hingga rata. Masukkan adonan ke wadah yang sudah dioles minyak. Kukus hingga matang.

Bakwan jagung

usaha olahan jagung
Foto: instagram nyonya_rempes

Makanan yang satu ini banyak dicari karena selain rasanya lezat, pembuatannya pun mudah. Bakwan jagung biasa dijual bersama dengan jenis gorengan lain seperti tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, hingga cireng. Bakwan jagung juga disebut sebagai bala-bala.

Siapkan bahan-bahan berupa 5 sendok makan tepung terigu, 3 buah jagung manis, 3 buah daun seledri, 3 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 buah wortel, 1 buah daun bawang, 1 sendok makan tepung beras, 1 butir telur ayam, garam, gula, dan air secukupnya.

Pertama, sisir jagung manis hingga terpisah dari bonggolnya. Iris halus beberapa bahan seperti daun bawang, seledri, bawang merah, dan bawang putih. Iris pula wortel menjadi ukuran yang lebih kecil. Anda juga bisa memarut wortel supaya lebih mudah.

Kedua, campur adonan tepung, air, garam, gula, dan air secukupnya. Aduk hingga rata. Masukkan jagung, daun bawang, seledri, wortel, dan bawang ke dalamnya, kemudian aduk sekali lagi hingga merata. Panaskan minyak. Goreng bakwan dengan ukuran sesuai selera.

Loading...
Loading...