Peluang Usaha Pembesaran Ayam Joper

Pertanianku Ayam joper atau jowo super memiliki peluang usaha yang cukup tinggi karena tingkat konsumsi daging ayam kampung terus meningkat. Namun, sayangnya, pertumbuhan ayam kampung terkenal lebih lambat sehingga kehadiran ayam joper dapat menjadi solusi permasalahan tersebut. Berikut ini beberapa alasan usaha pembesaran ayam joper memiliki peluang besar.

 ayam joper
foto: pixabay

Permintaan ayam kampung terbilang tinggi

Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap konsumsi bahan pangan sumber protein turut mendongkrak permintaan terhadap daging ayam kampung. Ayam kampung terkenal memiliki keistimewaan tersendiri, mulai dari tekstur hingga cita rasa. Sampai saat ini pandangan masyarakat terhadap ayam kampung memang lebih eksklusif dibanding ayam ras pedaging.

Solusi untuk mengatasi lambannya perkembangan ayam kampung

Ayam joper hadir sebagai solusi mengatasi perkembangan ayam kampung. Joper memiliki keunggulan berupa pertumbuhan yang lebih cepat, tekstur dan cita rasa lebih nikmat, daya tahan tubuhnya lebih tinggi, serta pemeliharaannya relatif mudah. Kelebihan-kelebihan tersebut dapat membuat proses ternak ayam kampung berjalan lebih mudah dan cepat.

Risiko usaha bisa diminimalisir dengan paguyuban

Banyak faktor yang dapat memengaruhi keberhasilan usaha pembesaran. Dari sisi budidaya, faktor penentu keberhasilan usaha pembesaran adalah pertumbuhan ayam yang maksimal, keseragaman pertumbuhan, minimnya serangan penyakit, dan kematian ayam. Sementara itu, dari sisi pemasaran, keberhasilan bisa didapatkan dari kemudahan pemasaran ayam yang sudah siap dipanen dan harga jual yang menguntungkan.

Risiko usaha ternak ayam joper bisa diminimalisir dengan bergabung ke komunitas atau paguyuban. Dengan bergabung ke paguyuban, Anda bisa mendapatkan informasi teknis. Selain itu, penjualan bisa diurus oleh paguyuban sehingga Anda bisa fokus pada usaha pembesaran.

Masih banyak informasi menarik tentang ayam joper yang perlu Anda ketahui, mulai dari cara beternak hingga analisis usaha ternak ayam joper. Seluruh informasi tersebut bisa Anda dapatkan dari buku Ayam Kampung Joper Panen 60 Hari. Anda bisa mendapatkan buku ini dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Tokopedia Penebar Swadaya.

Baca Juga:  Pakan untuk Dongkrak Bobot Ayam Kampung