Peluang Usaha Ternak Pullet yang Masih Terbuka Lebar

Pertanianku — Usaha ternak pullet dinilai prospektif karena permintaan telur terus meningkat setiap tahunnya. Peningkatan tersebut disebabkan oleh pertambahan jumlah penduduk dan kesadaran gizi masyarakat. Tentunya, kenaikan tersebut dapat memperbesar peluang usaha ternak pullet.

ternak pullet
foto: Pertanianku

Pullet adalah ayam ras petelur yang dipelihara sejak umur 0–16 minggu. Namun, ayam ras baru bisa disebut pullet ketika sudah memasuki umur 12–16 minggu. Biasanya, proses pemindahan pullet ke kandang baterai baru dilakukan ketika ayam berumur 13–16 minggu. Pasalnya, ayam ras petelur baru mulai bertelur saat berumur 18 minggu. Pemindahan pada umur tersebut dapat memberikan waktu kepada ayam untuk beradaptasi dengan lingkungan kandang yang baru.

Bisnis pullet dapat dijadikan bisnis sampingan yang menjanjikan. Namun, dengan syarat, peternakan dikelola dengan manajemen yang benar sehingga pullet yang dihasilkan berkualitas. Semakin tinggi kualitas pullet, semakin tinggi juga harga jualnya.

Sebenarnya, peternak ayam ras petelur bisa saja memulai usaha dengan membeli DOC. Namun, sebagian besar peternak lebih memilih membeli pullet karena proses beternak menjadi lebih instan. Dengan membeli pullet, peternak bisa mendapatkan telur lebih cepat dengan risiko yang lebih minim. Cara ini sering dilakukan oleh pemula atau peternak dengan modal yang besar.

Karena proses ternak menjadi lebih singkat dan instan, jumlah tenaga kerja dan perlengkapan yang perlu dimiliki jadi lebih sedikit. Peternak jadi lebih praktis dan tidak repot juga dengan jadwal vaksinasi dan pengobatan.

Penggunaan pullet juga dapat membantu peternak yang tidak terlalu terampil dan tidak menguasai manajemen pemeliharaan. Selain itu, biasanya peternak memilih pullet karena keterbatasan lahan. Ketika memutuskan untuk memelihara DOC hingga pullet, Anda perlu menyiapkan kandang terpisah dari kandang layer. Pemisahan ini berguna untuk menghindari penularan penyakit dari ayam dewasa ke ayam yang lebih kecil.

Baca Juga:  Sejarah Panjang Penyakit Mulut dan Kuku yang Sempat Musnah di Indonesia

Meski ada banyak keuntungan memulai ternak ayam ras petelur dari pullet, tetap saja keputusan ini juga memiliki kelemahan. Salah satunya track record pullet yang tidak diketahui dengan pasti oleh peternak. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan produksi menjadi tidak optimal. Kelemahan ini bisa diatasi dengan membeli pullet pada pemasok tepercaya.