Pemahaman tentang Organisasi dan Tata Laksana Perusahaan Jamur


Pertanianku – Kegiatan berikutnya yang harus dilakukan sebelum memulai berwirausaha adalah bekal pemahaman tentang cara menjalankan suatu usaha, baik dari segi pembentukan badan usaha (organisasi usaha), manajemen organisasi usaha, maupun pengetahuan tentang manajemen keuangannya.

Domestikasi-Jamur-Di-Indonesia

Dalam tahapan ini, perlu diketahui dan dikuasai beberapa aspek penting dalam pengelolaan usaha. Berikut aspek pentingnya.

  1. Penentuan harga pokok dan harga jual produk, penentuan volume produksi, perhitungan titik impas usaha, dan sistem pembukuan keuangan (laporan neraca, laba/rugi, dan cash flow).
  2. Pengetahuan tentang konsep bagi hasil. Pengetahuan tersebut diperlukan dalam menentukan tingkat keuntungan perusahaan yang dapat diperoleh. Selain itu, untuk antisipasi kegiatan usaha yang sistem keuangannya melibatkan perbankan.
  3. Kemampuan dalam menganalisis alternatif usaha yang paling menguntungkan. Tujuannya agar usaha yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan dalam jangka waktu yang lama atau bisa dialihgenerasikan.
  4. Cara menjalin kemitraan dengan berbagai pihak terkait dengan dunia usaha, seperti bank, koperasi, dinas instansi terkait, serta lembaga riset dan pengembangan. Dengan demikian, pengetahuan dan keterampilan membuat proposal dan teknik negosiasi sangat diperlukan.

Sumber: Buku Panduan Lengkap Jamur

Baca Juga:  Kementan: Meski Paceklik Pasokan Beras Tetap Aman
loading...
loading...