Pemanenan Gurami Konsumsi

Pertanianku – Tidak jauh berbeda dengan pemanenan benih, langkah-langkah yang dilakukan dalam memanen gurami ukuran konsumsi atau daging juga hampir sama. Hal yang berbeda adalah pada penimbangan gurami setelah panen dilakukan untuk mengetahui total bobot ikan yang nantinya juga akan menentukan harga jual. Berikut adalah tahapan pemanenan benih pada gurami ukuran konsumsi atau daging.

Pemanenan Gurami Konsumsi

– Puasakan ikan selama 1—2 hari sebelum pemanenan (ikan tidak diberi pakan).

– Lakukan panen pada pagi hari ketika suhu udara belum terlalu panas.

– Ukuran ikan saat dipanen berkisar antara 500—800 g/ekor.

– Kurangi kedalaman air sampai setinggi 30 cm.

– Gunakan jaring atau waring yang halus untuk mempersempit daerah tangkapan sampai dengan radius 3 m, kemudian dipersempit kembali secara bertahap sampai ikan terkumpul di dalam area jaring.

– Lakukan penangkapan dengan menggunakan serokan bermata jaring halus atau dengan tangan kosong secara hati-hati untuk menghindari banyaknya sisik yang lepas. Sebaiknya, gurami ditangkap sedikit demi sedikit.

– Gunakan suatu wadah lain sebagai tempat penampungan ikan sementara. Bisa menggunakan drum yang besar (volume 200 l) yang dipotong menjadi dua bagian. Jumlah ikan dalam wadah penampungan diusahakan tidak terlalu padat dan disesuaikan dengan ukuran gurami, yaitu sekitar 30–40 kg/drum.

– Pada wadah penampungan, gunakan air yang sama seperti dalam wadah pemeliharaan agar suhunya tidak terlalu berbeda.

– Penimbangan dilakukan dengan menggunakan wadah berupa drum kecil.

 

Sumber: Buku Usaha Pembenihan Gurami

Baca Juga:  Cara Menebarkan Benih Bandeng ke Kolam

loading...