Pemanenan Ikan di Kolam Terpal

Pertanianku – Pemanenan hasil budi daya ikan, baik pada pembenihan maupun Pembesaran pada prinsipnya hampir sama, tetapi khusus untuk pembenihan, karena ukuran ikannya masih kecil maka pembudidaya harus ekstra hati-hati.

Perhatikan Pengelolaan Air Kolam Lele dengan Baik

  1. C ara panen

Cara panen merupakan proses pengambilan ikan, baik keseluruhan maupun sebagian dari kolam untuk dipindahkan ke tempat lain atau untuk dipasarkan. Sebetulnya, semua jenis ikan hampir sama cara pemanenannya, yaitu dengan mengeluarkan air dari kolam ikan dan setelah air berkurang, ikan kemudian baru ditangkap. Namun, untuk panen belut agak berbeda karena media yang digunakan merupakan campuran antara lumpur atau bahan organik dengan air sehingga harus membongkar media lumpur atau bahan organik yang ada. Ikan yang telah berukuran besar lebih mudah dipanen daripada ikan yang masih berukuran benih.

Loading...

Pemanenan dapat dilakukan sebagian atau seluruhnya. Panen sebagian dilakukan dengan cara mengurangi air kolam kemudian ikan yang diinginkan (baik jenis atau ukuran) dipanen, sedangkan yang ditinggal dapat dipelihara lagi. Sementara itu, panen keseluruhan dilakukan dengan cara mengeluarkan semua air dari kolam kemudian semua ikan diambil atau dipanen.

Untuk menghindari jumlah ikan yang mati atau mengalami kerusakan fisik, proses pemanenan harus dilakukan secara hati-hati. Ikan yang mengalami kerusakan dapat menyebabkan kondisi tubuhnya lemah sehingga sangat berpengaruh pada daya tahan hidupnya.

  1. Waktu panen

Kegiatan pemanenan sebaiknya dilakukan ketika suhu tidak tinggi atau sinar matahari tidak terik, yaitu pada pagi hari (pukul 05.00—08.00) atau sore hari (pukul 14.00—18.00). Pembudidaya dapat memilih dan memperkirakan sendiri waktu terbaik untuk melakukan panen. Pemanenan yang dilakukan saat matahari sedang terik dapat menyebabkan ikan melemah dan mati.

Hal tersebut terjadi karena ketika siang hari suhu media air meningkat. Hal ini secara langsung membuat ikan kepanasan. Ikan yang kepanasan, metabolisme tubuhnya akan terpacu sehingga kebutuhan oksigen menjadi tinggi. Bila asupan oksigen terbatas maka ikan bisa stres dan lemah.

  1. Umur panen
Baca Juga:  Pentingnya Pakan Alami di Kolam Ikan Gurami

Umur ikan pada waktu dipanen tergantung dari keinginan pembudidaya. Informasi ini biasanya diperoleh pembudidaya setelah memperhatikan permintaan pasar. Pembudidaya ikan yang melakukan usaha pembenihan membutuhkan waktu pemeliharaan lebih pendek daripada usaha pembesaran sehingga membuat jenis usaha antara pembenihan dan pembesaran sangat terkait dengan besar dan lamanya waktu perputaran modal usaha yang digunakan.

Umur ikan pada waktu dipanen tergantung dari hal-hal sebagai berikut.

a. Jenis ikan. Jenis ikan yang memiliki pertumbuhan tubuh cepat besar tentu umur panennya juga akan berbeda dengan jenis ikan yang memiliki pertumbuhan relatif lama.

b. Ukuran ikan. Ikan ukuran benih yang akan dipanen tentu memiliki umur yang lebih muda (umur lebih pendek) daripada ikan ukuran konsumsi.

 

Sumber: Buku Budidaya Ikan di Kolam Terpal

Loading...
Loading...