Pemanfaatan Teknologi Iradiasi untuk Mengawetkan Buah


Pertanianku – Salah satu bahan pangan yang penting bagi manusia dan pelengkap gizi seimbang adalah buah dan sayuran. Dua komoditas ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita karena mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin lainnya.

Namun, buah dan sayur memilki daya simpan yang relatif sebentar sehingga perlu dilakukan pengawetan atau yang lebih dikenal dengan proses iradiasi. Pengawetan yang disarankan, yakni pengawetan yang aman dan tidak merusak nutrisi dan tekstur buah.

Teknik iradiasi adalah pemancaran energi dengan radiasi gamma berintensitas tinggi yang dapat membunuh organisme berbahaya, tetapi tanpa memengaruhi nilai nutrisi makanan tersebut dan tidak meninggalkan residu.

Teknik iradiasi ini pun digunakan pada beberapa macam jenis bahan pangan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan jenis makanan lainnya. Namun, dalam teknik pengawetan ini harus memerhatikan persyaratan kesehatan dan keselamatan serta pengaruh terhadap pangan di samping memerhatikan dosis, teknik, dan peralatan dalam teknik pengawetan ini.

Proses iradiasi sebetulnya mirip seperti proses rontgen yang (sinar gamma) hanya melewati bagian yang diseniari. Adapun kehawatiran bahwa proses iradiasi dapat mengubah struktur nutrisi, sebenarnya telah diteliti dan dipastikan aman dengan percobaan menyinari produk buah dan sayur dengan kadar/dosis iradiasi yang berbeda. Hal ini seperti diungkapkan Wini Yularti Morelink Indonesia on Behalf of Steritech.

“Oleh sebab itu, kita menemukan bahwa iradiasi yang menjaga nutrisi buah dan sayuran dilakukan iradiasi dengan dosis yang sangat rendah,” tutur Wini Yularti pada presentasinya di Paparan Inovasi Pangan dan Pertanian (On-Farm and Food Innovation Showcase) dari Australia dan Jerman di Jakarta (18/5).

Lebih lanjut Wini mengatakan bahwa pihaknya juga meneliti adanya beberapa perubahan secara fisik ataupun kimia dari buah dan sayur yang diiradiasi bisa mengubah tekstur dan juga warna kulit luar. Akan tetapi, dengan pito iradiasi yang dilakukan Steritech memastikan bahwa hasilnya tidak akan mengubah nutrisi pada buah dan sayuran.

Baca Juga:  Inovasi Pie Labu Bening Viral di Dunia Maya

“Jadi, meskipun buah dan sayuran di iradiasi rasa dan kualitas akan tetap terjaga. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua buah-buahan bisa diiradiasi,” tutup Wini.

loading...
loading...