Pemangkasan Pohon Kopi yang Sering Dilakukan

PertaniankuPemangkasan pohon kopi merupakan salah satu tindakan pemeliharaan yang harus dilakukan secara teratur agar tanaman kopi dapat tumbuh dengan sehat dan produktif. Sebab, pemangkasan berkaitan langsung dengan penyediaan cabang-cabang yang menjadi modal utama dalam budidaya tanaman kopi.

pemangkasan pohon kopi
foto: pertanianku

Tujuan pemangkasan yang dilakukan pada pohon kopi ada banyak, seperti menjaga agar ukuran tanaman kopi tetap rendah sehingga memudahkan proses perawatan dan pemanenan. Pemangkasan juga berguna untuk mendapatkan cabang-cabang buah baru secara terus-menerus dalam jumlah yang cukup.

Pemangkasan dapat memudahkan cahaya matahari masuk ke percabangan pohon. Selain itu, pemangkasan juga mampu mengurangi biennual bearing dan risiko terjadinya pembuahan berlebihan yang bisa menyebabkan mati pucuk.

Loading...

Pemangkasan pohon kopi tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus dilakukan berdasarkan sifat diformisme dua arah pertumbuhan tanaman kopi, yaitu ke atas (ortotrop) dan ke samping (plagiotrop). Oleh karena itu, ada dua cara pemangkasan yang bisa dilakukan pada tanaman kopi, yaitu pemangkasan batang tunggal dan pemangkasan batang ganda.

Pemangkasan batang tunggal memiliki 3 tahap pemangkasan. Pertama, pemangkasan bentuk yang dilakukan saat tanaman masih muda berumur 1—2 tahun. Kedua, pemangkasan produksi dilakukan saat tanaman sudah menghasilkan atau berbuah. Ketiga, pemangkasan peremajaan yang dilakukan untuk memperbaiki tanaman kopi yang sudah rusak.

Selanjutnya, pemangkasan batang ganda merupakan sistem pemangkasan kopi yang memelihara lebih dari satu cabang primer dalam satu pohon. Sistem pemangkasan pada batang ganda terdiri atas pemangkasan bentuk yang berfungsi untuk membentuk tunggul penyangga untuk menumbuhkan beberapa batang di atasnya dan pemangkasan produksi yang berfungsi untuk meremajakan batang-batang ganda.

Seluruh proses pemangkasan pohon kopi bisa Anda baca lebih jelas dan mendetail pada buku Berkebun Kopi yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Dalam buku tersebut membahas berbagai hal tentang budidaya kopi yang baik dan benar.

Baca Juga:  Budidaya Bawang Merah Ramah Lingkungan Hasilkan Produk Organik

Pemangkasan harus rutin dilakukan selama masa perawatan, sama seperti pemberian air, pemupukan, dan penyiangan gulma. Ketika pohon dirawat dengan baik, pohon dapat memberikan hasil yang lebih optimal.

 

 

Loading...
Loading...