Pemangkasan Tanaman Mangga

Pertanianku – Tunas yang keluar di bawah okulasi atau sambungan sebaiknya dihilangkan, jangan biarkan membesar. Nanti akan mengalahkan pertumbuhan tunas okulasi atau sambungan. Ranting atau daun yang sakit dipangkas, demikian juga yang kering.

Pemangkasan Tanaman Mangga

Tanaman muda yang baru saja ditanam paling baik dibiarkan saja untuk tumbuh bebas selama lebih kurang empat tahun. Setelahnya, baru lakukan pemangkasan bentuk. Pohon mangga dari bibit sambung lengkung biasanya mengeluarkan cabang yang biasanya dekat dengan permukaan tanah. Cabang ini dibiarkan saja tidak usah dipotong. Bila dipotong akan menghambat pertumbuhannya.

Cabang-cabang yang sehat dalam kedudukan apa pun pada tanaman, seandainya daunnya cukup mendapat sinar matahari akan sangat berharga untuk pembentukan buah yang akan datang. Oleh karena itu, jangan memangkas cabang, kecuali ada keperluan yang lebih penting. Sebagai contoh, kondisi tanaman membutuhkan sinar matahari yang lebih baik, ada cabang yang sakit atau kering, dan ada cabang yang patah atau rusak.

Apabila yang ditanam adalah pohon cabutan yang ujungnya telah dipangkas, dengan sendirinya akan tumbuh beberapa tunas yang kemudian akan membentuk beberapa cabang lain. Pada waktu memangkas ujung tanaman cabutan, upayakan untuk melepaskannya pada buku yang membesar, yakni yang terletak di antara dua fase pertumbuhan. Bila memotong di bawah buku, tunas yang tumbuh bisa banyak sekali. Untuk pembentukan mahkota pohon diperlukan 3—4 cabang yang teratur kedudukannya di sekitar lingkar batang pokok. Bila perlu, potong kembali cabang-cabang tersebut pada permulaan musim  berikutnya. Pemotongan ulang diperlukan untuk memperoleh mahkota pohon yang baik. Potonglah juga pada batas dua fase pertumbuhan.

Catatan

Kalau tidak perlu, jangan mengadakan pemangkasan. Pemangkasan akan mengurangi jumlah buah dan kemungkinan akan menunda terjadinya buah. Kalau yang ditanam pohon  mangga yang berasal dari keranjang, batang pokok bisa dibuat pendek. Caranya, pada waktu tinggi tanaman 50—55 cm dipotong ujungnya maka akan tumbuh cabang. Seandainya tidak dipotong, suatu saat juga akan bercabang, tetapi percabangannya terlalu tinggi.

Baca Juga:  Alasan Pemangkasan Pohon Buah Harus Dilakukan

 

Sumber: Buku Bertanam Mangga di Kebun dan Pot

 


loading...