Pemangkasan yang Tepat Memperindah Pohon Anggur

Pertanianku — Pemangkasan pada pohon anggur wajib dilakukan agar dapat membentuk para-para menjadi lebih teratur ataupun membantu pembuahan yang baik. Anggur merupakan buah yang dapat ditanam di mana saja, baik di pot maupun di lahan. Dengan begitu, teknik pemangkasan yang dibutuhkan pasti akan berbeda.

pohon anggur
foto: pixabay

Pemangkasan anggur dalam pot

Anggur dalam pot dapat dipangkas dengan menggunakan metode batang primer, cabang sekunder, dan cabang tersier. Cara untuk membentuk tajuk pohon anggur di dalam pot sebagai berikut.

Loading...
  • Tanaman anggur yang akan dipangkas sudah berukuran cukup besar.
  • Bentuk batang utama hingga setinggi 180 cm.
  • Jika sudah mencapai tinggi yang diinginkan, pangkas bagian atas tajuk.
  • Buang selubung daun yang tersisa.
  • Bentuk batang tanaman seperti melingkar sesuai ukuran pergola.
  • Setelah itu, didiamkan hingga muncul tunas-tunas baru yang akan menghasilkan bunga.
  • Buang tunas-tunas yang tidak menghasilkan bunga.
  • Cabang yang tumbuh berantakan dirapikan dan diarahkan kembali ke dalam pergola agar indah.
  • Bila tanaman telah berbuah, perhatikan buah yang tumbuh. Jika ada domplotan terlalu rapat dapat dihilangkan.

Pemangkasan pada anggur di lahan (bibit dari setek)

Pemangkasan tahap pertama dapat dilakukan pada tanaman yang memiliki umur hampir atau sudah berumur 6—7 bulan. Pemangkasan dilakukan dengan cara memangkas batangnya setinggi para-para. Pemangkasan dilakukan saat kuncup daun paling atas telah mekar. Pemotongan dapat dilakukan pada batang yang telah berwarna cokelat.

Tahap kedua dilakukan setelah cabang primer telah membentuk 10 mata atau lebih dan sudah cukup kuat untuk merambat pada kawat. Pemangkasan dilakukan untuk membentuk cabang sekunder dan dilakukan saat tunas daun yang paling ujung telah membuka dan berwarna hijau.

Tahap ketiga dilakukan saat masing-masing cabang sekunder mengeluarkan dua cabang tersier. Dua minggu kemudian kemungkinan akan tumbuh tandan bunga anggur.

Baca Juga:  Hama Pohon Kayu Manis yang Harus Diwaspadai

Pemangkasan pada anggur di lahan (bibit dari biji)

Pemangkasan tahap pertama dilakukan saat tanaman berusia 9—12 bulan dengan cara memangkas batangnya setinggi para-para dengan tujuan membentuk pohon dan tunas pohon akan tumbuh sehat. Pemangkasan dilakukan untuk cabang yang telah berwarna cokelat.

Pembentukan tahap kedua dilakukan saat pohon berumur dua tahun pada tunas yang tumbuh memanjang. Tahap ketiga dilakukan pada pada umur tiga tahun dengan memangkas cabang primer dari hasil pemangkasan kedua.

Tahapan keempat pemangkasan dilakukan pada cabang atau tunas sekunder yang telah memiliki panjang 1 meter dan bertujuan membentuk cabang tersier atau cadangan buah. Jika cabang tersier telah diperoleh, pemangkasan cabang tanaman dapat dihentikan.

 

 

Loading...
Loading...