Pemasangan Ajir atau Tali pada Tanaman Tomat


Pertanianku – Pemasangan ajir atau tali dimaksudkan untuk mencegah tanama tomat roboh. Biasanya, ajir (lanjaran) terbuat dari bambu atau kayu dengan panjang 100—175 cm, tergantung dari varietasnya. Pemasangan ajir harus dilakukan sedini mungkin, ketika tanaman masih kecil dan akar masih pendek sehingga akar tidak putus tertusuk ajir. Akar yang luka akan memudahkan tanaman terserang  penyakit yang masuk lewat luka. Pemasangan ajir diberi jarak sekitar 10—20 cm dari batang tanaman tomat.

Cara memasang ajir bermacam-macam, misalnya ajir dibuat tegak lurus atau ujung kedua ajir diikat sehingga membentuk segitiga. Agar tidak dimakan rayap, ajir diolesi dengan ter atau minyak tanah. Tanaman tomat yang telah mencapai ketinggian 10—15 cm harus segera diikat pada ajir. Pengikatan jangan terlalu erat. Yang penting, tanaman tomat dapat berdiri. Pengikatan dilakukan dengan model angka 8 sehingga tidak terjadi gesekanantara batang tomat dengan ajir yang dapat menimbulkan luka. Tali pengikat, misalnya tali plastik, harus dalam keadaan bersih. Setiap bertambah tinggi sekitar 20 cm, harus dilakukan pengikatan lagi agar batang tomat selalu berdiri tegak.

Sama seperti ajir, tali juga berfungsi untuk mencegah tanaman roboh. Dengan tali, tanaman akan tertarik ke atas sehingga pertumbuhannya cenderung ke arah atas. Tali yang digunakan bisa berupa tali kasur. Tali tersebut diikatkan pada batang tanaman dan ujung lainnya diikatkan pada kawat, bambu, atau kayu yang berada di bagian atas tanaman. Umumnya, ketinggian kayu tersebut sekitar 2 m atau disesuaikan dengan ketinggian maksimal tanaman.

 

Sumber: Buku Bertanam Tomat dalam Pot

Baca Juga:  Merawat Ginjal agar Lebih Sehat dengan Buah dan Sayuran ini
loading...
loading...