Pembentukan Tubuh Buah dan Panen Jamur Merang

Pertanianku – Delapan hingga sepuluh hari setelah peletakan bibit, primordia atau tubuh buah jamur berwarna putih mulai tampak. Buka selubung plastik selama beberapa menit untuk pertukaran udara, jangan disirami lagi. Dua hingga tiga hari setelah primordia terbentuk, jamur siap dipanen.

Pembentukan Tubuh Buah dan Panen Jamur Merang

Panen jamur merang hendaknya dilakukan pada saat stadia kancing, sebelum stadia perpanjangan. Jamur harus dipetik dua kali sehari selama tiga kali. Sering tubuh buah jamur yang terbentuk tidak dalam stadia yang seragam. Oleh karena itu, pemetikan jamur harus hati-hati jangan sampai merusak jamur yang masih dalam stadia kepala jamur atau kancing kecil.

Loading...

Masa panen pertama (selama sekitar lima hari) akan diikuti masa panen kedua setelah periode istirahat selama 5—7 hari. Hal ini terus berlangsung selama 1—2 bulan. Dengan cara budi daya jamur yang sudah dikemukakan tersebut (Chang, 1965) pada ukuran bedengan yang sama akan diperoleh hasil produksi sekitar 13,5 kg jamur stadia kancing untuk setiap 45,7 kg jerami kering.

Chang juga melaporkan bahwa hara tambahan seperti dedak, residu destileri, larutan gula, dan pupuk kimia yang diberikan tidak hanya menyebabkan produksi menjadi lebih tinggi dan laju pelapukan selulosa jerami menjadi lebih rendah, tetapi juga menyebabkan jumlah periode panennya semakin panjang. Bila hara tambahan diberikan terlalu banyak maka masa pertumbuhan vegetatif (miselium) menjadi panjang serta jamur yang dihasilkan akan lebih besar dan lebih sukulen. Jamur demikian kurang baik.

 

Sumber: Buku Budi Daya Jamur Merang

 

 

Baca Juga:  Kunci Sukses Membuat Bibit Sambung
Loading...
Loading...