Pemberian Air untuk Tanaman Buah Tidak Boleh Dilakukan Sembarangan

Pertanianku — Pemberian air untuk tanaman buah selama masa perawatan tidak bisa dilakukan sembarangan, apalagi jika sampai air menggenang di tanah. Peran air dalam pertumbuhan tanaman memang sangat penting untuk keberlangsungan hidup dan produktivitas tanaman.

tanaman buah
foto: pertanianku

Peranan air pada tanaman adalah sebagai pelarut yang memudahkan tanaman untuk mengangkut zat hara dari dalam tanah ke daun, mempertahankan tekanan turgor dalam transpirasi dan pertumbuhan tanaman, dan sebagai salah satu unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dan berproduksi.

Namun, pemberian air untuk tanaman buah harus dilakukan dengan tepat agar mampu mendukung pertumbuhan bunga dan buah. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin memberikan pengairan.

Menguasai cara pemberian yang tepat

Pengairan harus dilakukan dengan pemahaman yang baik, tentang kapan tanaman membutuhkan air dan kapan tanaman tidak membutuhkannya. Selain itu, berapa banyak volume yang dibutuhkan, jangan sampai kekurangan atau bahkan kelebihan.

Pengairan harus diberikan secara teratur sejak tanaman masih muda. Hal tersebut dapat mendorong perkembangan akar tanaman menjadi lebih banyak serta merangsang pertumbuhan batang dan tajuk pada tanaman.

Kelebihan air bisa berakibat buruk, salah satunya membuat akar menjadi busuk. Kelebihan air bisa menyebabkan pohon sakit, bahkan mati.

Jangan terlalu basah

Ada beberapa jenis pohon yang tidak menghendaki kondisi basah dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Seperti pohon mangga, jambu biji, dan jambu mete tidak bisa berbunga di lingkungan yang becek. Oleh karena itu, penyiraman jangan sampai membuat media tanah menjadi becek.

Pengairan berfungsi untuk mengendalikan produktivitas tanaman

Pengairan yang tepat juga bisa mendorong produktivitas tanaman. Kadang, untuk membuat pohon berproduksi perlu dilakukan pengurangan air hingga pohon mengalami kekeringan. Cara tersebut bisa merangsang pertumbuhan bunga. Setelah bunga sudah terbentuk, pengairan diberikan kembali secara normal.

Baca Juga:  Langkah Mudah Memperbaiki Tingkat Kesuburan Tanah dengan Bahan Organik

Cara untuk merangsang tanaman berbunga tidak hanya dengan mengeringkan pohon. Merangsang pembungaan juga bisa dilakukan dengan memberikan air secara berlebihan. Namun, semua perlakuan tersebut harus dilakukan dengan pemahaman yang baik agar dapat melakukan treatment yang sesuai dengan jenis pohon.


loading...