Pemberian Pakan dan Minum Pullet Fase Grower

Pertanianku – Pakan diberikan sebanyak dua kali sehari. Pakan yang digunakan adalah pakan grower bentuk crumble dengan kandungan protein minimal 20% dan energi 2.850 kkal. Peralihan dari pakan starter ke pakan grower dapat mengakibatkan ayam stres. Jadi, pemberiannya harus dilakukan secara bertahap setidaknya dalam empat hari dengan cara dicampur. Pencampuran antara pakan lama (starter) dan pakan baru (grower) dapat dilakukan sebagai berikut.

Pullet umur 4 minggu_serang_bayu_091113 (61)

1) Hari pertama, 75% pakan starter dicampur dengan 25% pakan grower.

Loading...

2) Hari kedua, 50% pakan starter dicampur dengan 50% pakan grower.

3) Hari ketiga, 25% pakan starter dicampur dengan 75% pakan grower.

4) Hari keempat, 100% menggunakan pakan grower.

Pada periode grower, pakan sudah diberikan semuanya di tempat pakan gantung (hanging feeder). Tinggi tempat pakan adalah setinggi pundak ayam agar ayam makan sambil berdiri sehingga pembentukan frame size bisa optimal. Jumlah pakan yang diberikan disesuaikan dengan umur dan bobot ayam berdasarkan standar breeder.

Pakan diberikan paling tidak dua kali sehari dengan maksud untuk menjaga kesegaran pakan sehingga nafsu makan ayam tetap baik. Jika menggunakan tempat pakan gantung, besar lubang keluarnya pakan harusdiatur pada posisi paling atas sehingga pakan yang keluar sedikit-sedikit agarpakan tidak tercecer. Selain itu, untuk merangsang nafsu makan, tempat pakan hendaknya sering diputar-putar sehingga antara serbuk dan cramble bercampur yang membuat aroma pakan keluar.

Air minum harus tersedia sepanjang waktu. Jika menggunakan tempatminum terbuka otomatis (bell drinken), peternak hanya perlu membersihkan tempatnya saja pada pagi hari dengan cara mengelap dan membuang air yang kotor. Namun, jika menggunakan tempat minum galon, peternak harus selalu mengontrol air minum, terutama pada siang hari untuk mencegah air minum habis. Kekurangan air minum bisa berdampak pada penurunan konsumsi pakan sehingga pertumbuhan kurang optimal. Dampak lain adalah ayam stres sehingga mudah terserang penyakit. Air minum bisa berupa air putih atau dicampur vitamin/obat sesuai kebutuhan dan jadwal medikasi. Pencucian tempat minum dilakukan dengan cara yang sama seperti pada periode starter.

Baca Juga:  Penyakit Ayam yang Disebabkan Oleh Kekurangan Nutrisi

 

Sumber: Buku Bisnis Pembesaran Pullet

 

Loading...
Loading...