Pemberian Pakan Domba Saat Digembalakan


Pertanianku – Domba merupakan hewan yang memerlukan hijauan dalam jumlah besar, yaitu sekitar 90%. Pakan konsentrat atau penguat hanya diperlukan sebagai pakan tambahan saja. Oleh karena itu, bahan baku pakan domba yang dapat diberikan terdiri dari dua jenis, yaitu hijauan dan konsentrat. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi domba sesuai kondisi pertumbuhan atau tingkat produktivitas, pakan yang disajikan harus disusun dengan baik menjadi ransum yang siap untuk dikonsumsi. Pada umumnya, teknik pemberian pakan domba di Indonesia ada dua macam, yaitu salah satunya sebagai berikut.

Pemberian Pakan Domba dengan Cara Digembalakan

Pada cara ini, domba dilepas untuk mencari pakan sendiri di lapangan penggembalaan. Domba digembalakan selama 6—8 jam sehari. Penggembalaan dilakukan sesudah hijauan bebas dari embun dan sore hari sekitar pukul 15.00. Pada siang hari domba dapat beristirahat sambil memamah biak.

Domba termasuk ternak perumput selektif, domba lebih menyukai rumput dan berbagai jenis semak yang pendek, misalnya leguminosa. Domba yang digembalakan di lapangan penggembalaan dengan jenis hijauan muda belum tentu akan minum, sehingga air minum harus selalu disediakan. Keperluan air minum domba yang dipelihara di daerah tropis sebanyak 4—5 l/ekor/hari.

 

Sumber: Buku Beternak Domba

 

Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!
loading...
loading...