Pemberian Pakan Ikan Cupang Harus Sesuai


Pertanianku – Pakan yang baik dan berkualitas adalah salah satu faktor penting ketika memelihara ikan cupang. Pemberian pakan dilakukan 2—3 kali sehari dalam jumlah tertentu hingga ikan menghabiskannya dalam waktu 10—15 menit. Kalau toleransi waktu menghabiskan pakan tersebut terlampaui, jumlah pakan yang diberikan perlu dikurangi.

Di alam, cupang adu akan memakan sebanyak mungkin pakan yang dijumpainya. Ini karena cupang adu tersebut tidak tahu pasti kapan lagi akan menemukan pakan. Berdasarkan pengalaman alami tersebut, secara naluri cupang adu akan makan sebanyak-banyaknya sampai kenyang.

Pada cupang adu yang dipelihara tentu berlainan dengan yang hidup di alam. Naluri makan sampai kenyang harus dibatasi. Sisa pakan dan kotoran cupang adu akan mengotori air sehingga kualitasnya turun drastis. Air yang kualitasnya sangat rendah dapat membahayakan kesehatan ikan cupang.

Memberi pakan sampai ikan tampak kenyang bukanlah hal yang baik. Sebab, cupang adu akan selalu tampak lapar dan sepanjang hari seakan berusaha mencari pakan. Suatu kesalahan fatal bila pemilik cupang adu setiap kali menengok peliharaannya untuk memberikannya pakan agar naluri alamiah ikan tersebut terpenuhi. Cupang yang kelaparan justru adalah cupang yang sehat.

Baca Juga:  Jenis Ikan Hias Kecil yang Tidak Mudah Mati
loading...
loading...