Pemberian Pakan Ikan Nila Tidak Boleh Sampai Telat

Pertanianku — Pakan menjadi kebutuhan yang harus disediakan dengan benar agar pertumbuhan ikan bisa lebih optimal. Namun, sayangnya, masih ada pembudidaya yang melakukan kesalahan tidak disengaja sehingga menyebabkan pertumbuhan ikan nila menjadi lebih lambat. Kesalahan yang sering terjadi ketika pemberian pakan ikan nila adalah terlambat dengan penggunaan waktu yang sembarangan.

pakan ikan nila
foto: Pertanianku

Jika sekali dua kali terlambat, tidak menjadi masalah. Akan tetapi, jika waktu pemberian pakan nila berantakan atau tidak teratur, dapat berakibat langsung pada pertumbuhan ikan.

Waktu yang tepat untuk memberikan pakan ikan nilai adalah pagi, siang, dan sore hari. Ikan perlu diberikan pakan sebanyak tiga kali sehari, yaitu pada pagi pukul 08:00, siang hari pukul 12:00, dan sore hari pukul 16:00. Pemberian tersebut harus dilakukan tepat waktu dan konsisten.

Untuk memudahkan proses pemberian pakan, Anda bisa membeli pakan dengan jumlah yang banyak sehingga tidak perlu terlalu sering membeli pakan. Pakan yang tidak langsung digunakan dapat disimpan terlebih dahulu di tempat yang aman seperti gudang.

Jangan meletakkan pakan di atas lantai secara langsung, tetapi berikan alas seperti rak kayu. Hal ini karena lantai gudang cenderung lebih lembap sehingga dapat mengurangi kualitas pakan dan menyebabkan pakan menjadi lebih mudah berjamur.

Selama kualitas air masih tetap terjaga, Anda tidak terlalu membutuhkan obat-obatan. Namun untuk berjaga-jaga, Anda bisa menyiapkan obat yang sekiranya bisa menjadi pertolongan pertama saat ikan sakit.

Obat yang bisa Anda siapkan adalah garam dapur/krosok sebagai antibiotik alami bagi ikan dan pencegah stres, vaksin streptovac yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh ikan, vitamin C untuk menguatkan imunitas, dan enrofloks untuk mengatasi serangan bakteri.

Baca Juga:  Wisata Bahari Akan Dikembangkan Menjadi Destinasi yang Aman Saat Pandemi

Hingga saat ini masih belum ada obat yang mampu mengatasi penyakit yang disebabkan oleh virus. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan meningkatkan daya tahan tubuh ikan dan kualitas air yang baik.

Pemberian pakan ikan nila secara tepat waktu bukan merupakan satu-satunya kunci yang dapat membuat ikan menjadi lebih sehat. Masih ada beberapa faktor lain yang harus dipenuhi oleh pembudidaya, di antaranya kualitas pakan, tepat jenisnya, tepat jumlahnya, tepat ukurannya, dan tepat cara pemberiannya. Jika seluruh faktor tersebut dipenuhi, tingkat imunitas ikan dan kualitas air kolam bisa lebih terjaga.

 


loading...