Pemberian Pakan Kambing yang Sesuai dengan Umurnya

Pertanianku — Pemberian pakan kambing harus disesuaikan dengan umur atau fase hidup yang sedang dialami. Setiap fase hidup, kambing selalu membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, peternak harus menyesuaikan kebutuhan pakan kambing yang mampu untuk memenuhi seluruh kebutuhannya.

pakan kambing
foto: pertanianku

Pakan untuk cempe dan remaja

Cempe merupakan anakan kambing perah yang baru lahir. Cempe harus mendapatkan kolostrum dari indukannya agar mendapatkan imunitas tubuh yang baik sehingga tidak mudah sakit. Cempe mendapatkan kolostrum dengan cara menyusu langsung pada indukan atau kolostrum bisa diperah dan diberikan pada cempe melalui botol susu.

Loading...

Kolostrum tersebut akan dikeluarkan oleh indukan selama 3—5 hari pascamelahirkan. Di peternakan susu kambing, kolostrum biasanya diperah dan diberikan pada cempe melalui botol susu. Sebab, susu selanjutnya dari induk akan dijual dan cempe akan diberikan susu sapi yang lebih murah. Pemberian susu sebanyak 200—300 cc per ekor setiap harinya.

Cempe yang sudah berumur 1—2 bulan sudah bisa belajar makan rumput dan pada umur 4—5 bulan cempe sudah bisa belajar makan daun muda. Pakan hijauan untuk kambing remaja berupa rumput dan daun kacang-kacangan dengan perbandingan 60 persen : 40 persen. Pakan yang diberikan setiap harinya sebanyak 10 persen dari bobot.

Kambing remaja sudah bisa diberikan konsentrat sebanyak 1 kg pada pagi dan sore hari, masing-masing dengan dosis 0,5 kg.

Pakan induk betina

Induk betina yang sedang dalam masa kawin membutuhkan lebih banyak hijauan dari rerumputan dan daun kacang-kacangan. Sementara, konsentrat hanya diberikan pada waktu tertentu seperti saat kawin, akhir bunting (8 minggu sebelum beranak), dan saat masa laktasi.

Indukan berbobot 20—25 kg membutuhkan hijauan sebanyak 4—5 kg segar ditambah konsentrat sebanyak 500 gram/hari. Air minum yang diberikan berupa mineral blok yang harus tersedia setiap saat.

Baca Juga:  Manfaat Beternak Sapi di Dekat Kebun Sawit

Pakan pejantan

Pemberian pakan kambing pejantan dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pagi dan sore hari. Porsinya sebesar 10 persen dari bobot tubuhnya. Pakan hijauan yang diberikan berupa rumput sebanyak 75 persen, dan daun-daunan 25 persen. Misalnya, kambing jantan berbobot 50 kg, maka pakan yang bisa diberikan selama sehari sebesar 5 kg dengan komposisi rumput sebanyak 3,75 kg dan dedaunan 1,25 kg.

Pakan indukan masa bunting

Pakan yang diberikan berupa hijauan sebanyak 4—5 kg per hari dan konsentrat 600—1.000 gram per hari. Pakan hijauan harus selalu tersedia setiap saat dan berkualitas karena pakan berfungsi untuk menunjang pertumbuhan janin.

Pakan indukan masa menyusui

Pakan hijauan yang dibutuhkan sebesar 10 persen dari bobot tubuhnya. Selain itu, konsentrat yang diberikan sebanyak ½ dari jumlah produksi susunya.

 

 

Loading...
Loading...