Pemberian Pakan Merpati Agar Cepat Bertelur


Pertanianku Pemberian pakan merpati sangat memengaruhi mau atau tidaknya merpati itu bertelur. Merpati tidak bertelur bisa diakibatkan oleh merpati betina yang bermasalah atau merpati jantan yang bermasalah, bisa juga karena faktor lingkungan yang bermasalah.

jenis ikan ganas
Foto: Google Image5

Merpati yang baru beli biasanya cepat berjodoh, hanya membutuhkan 1—2 hari. Lain halnya bila merpati yang Anda beli sudah langsung berjodoh. Apabila sudah berjodoh, yang dilakukan hanyalah membuatnya betah di kandang dan mau pulang.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kenapa merpati harus cepat bertelur. Hal ini biasanya dibutuhkan untuk merpati-merpati yang mengikuti perlombaan, entah itu merpati balap atau merpati tinggian. Sebab, merpati yang dapat bertelur teratur atau terjadwal akan dapat kita ketahui kapan waktunya giring keket dan kapan waktunya dia akan bertelur.

Hal pertama yang harus Anda lakukan, yaitu tentukan kapan waktunya burung bertelur dan kapan waktunya giring. Biasanya, burung giring itu hanya lima hari dan kita harus tahu karakter burung tersebut giringnya susah atau cepat. Jadi, caranya burung yang akan diikutkan lomba digiringkan empat hari sebelum hari H perlombaan.

Jika dalam dua hari burung sudah giring, berarti dua hari sebelum hari H perlombaan burung sudah giring. Waktu giring keket atau puncaknya itu di hari ketiga giring. Kesimpulannya, kita menentukan atau menjadwalkan burung yang akan mengikuti lomba dari cara kita mengatur pengeraman dan waktu kapan harus giring.

Berikan makanan atau pakan ekstra yang dapat membatu agar betina cepat bertelur. Kita bisa campurkan pakan dengan cangkang telur. Limbah cangkang telur ini bisa kita dapat dari tukang martabak atau nasi goreng.

Limbah cangkang telur (usahakan telur bebek) dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur, lalu tumbuk atau haluskan seukuran garam krosok, tidak usah ditumbuk halus. Bisa juga Anda campurkan dengan asinan burung (asinan tulang cumi) yang banyak dijual di tukang pakan. Setelah itu, haluskan bersama dengan cangkang telur, lalu aduk hingga rata.