Pemberian Pakan yang Baik Menjadi Faktor Keberhasilan Budidaya Ikan Gabus


Pertanianku – Faktor yang menentukan keberhasilan budidaya ikan gabus salah satunya adalah pemberian pakan berkualitas. Seorang pembudidaya ikan gabus bernama Syakdillah, petani ikan gabus warga Kelurahan Alalak Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin mengatakan, pemberian pakan yang pas merupakan kunci keberhasilan membudidayakan ikan gabus.

“Ikan gabus itu tidak mau diberi pakan pelet, pakan favortinya adalah daging keong yang dibuat halus,” jawab Syakdillah.

Menurut Syakdillah, daging keong halus merupakan makanan favorit ikan gabus usia 1—3 bulan. Selain keong, ikan dan udang halus juga menjadi menu variasi yang kerap diberikan pada ikan yang akrab disebut haruan oleh masyarakat Banjarmasin. Bagi Syakdillah, mendapatkan keong di tempat tinggalnya merupakan hal mudah karena alam masih menyediakannya.

Dikatakan Syakdillah, begitu daging keong halus menyentuh permukaan air kolam, ratusan anak ikan gabus usia dua bulan yang seukuran ikan teri langsung menyerbu. Mereka seakan berlomba menyantap daging keong yang sudah diblender. Tak sampai lima menit, keong halus itu ludes.

“Begitulah ilustrasi setiap saya memberi pakan ke anakan haruan,” jelas Syakdillah.

Berbeda dengan gabus ukuran sebesar pergelangan tangan, Syakdillah hanya melemparkan potongan daging-daging keong ke kolam tanpa diblender halus. Begitu daging keong dilempar tak terlihat satu pun ikan gabus yang muncul ke permukaan air untuk menyambar makanan. Namun, di bagian kolam yang agak jernih terlihat samar-samar gabus tengah menyantap keong yang melayang-layang di dalam air.

“Haruan yang sudah besar memang begitu, mereka hampir tidak pernah muncul ke permukaan,” lanjutnya.

Karena menggunakan pakan alami, pembudidaya seperti Syakdillah dan beberapa petani ikan gabus lain sengaja memelihara pakan ikan alami di kolam yang sama. Jadi, selain ada keramba jaring khusus untuk gabus juga ada keramba jaring untuk menangkarkan ikat sepat dan keong.

Baca Juga:  Manajemen Budidaya Belut yang Benar Bisa Bikin Kaya, Yuk Simak!

Menurut Syakdillah, sebaiknya ikan gabus yang dibudidayakan di kolam diberi pakan alami sejak menetas. Ikan gabus berumur kurang dari 1 bulan diberi pakan berupa jentik-jentik, kutu air dan telur ikan.

loading...
loading...